Waspada Ada Penipuan Baru Mengatasnamakan Petugas PLN, Begini Modusnya!

PLN-Pekanbaru.jpg
(PLN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Maraknya kasus penipuan dengan berbagai modus, PT PLN (Persero) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap segala bentuk penipuan mengatasnamakan PLN.

Demi kenyamanan dan keamanan pelanggan, PLN telah menyediakan semua layanan secara terpusat melalui aplikasi PLN Mobile.

Executive Vice President Komunikasi Korporat & TJSL PLN, Gregorius Adi Trianto menjelaskan, modus terbaru kini ada pihak yang mengaku sebagai petugas PLN dan melampirkan semacam bukti penggantian nomor ID pelanggan untuk dilunasi pembayarannya. 

 

"Kami memastikan bahwa pihak tersebut bukan dari PLN. Sebab, semua keluhan dan kebutuhan pelanggan bisa diselesaikan melalui PLN Mobile melalui nomor register sesuai dengan jenis pelayanan kelistrikan yang dimohon oleh pelanggan," ujar Gregorius, Selasa 29 Agustus 2023. 

 

Gregorius menegaskan, PLN pun tidak pernah menawarkan jasa layanan door to door ke pelanggan seperti penggantian kWh meter, penjualan box kWh meter atau pemasangan baru dengan transaksi pembayaran langsung di rumah pelanggan.

 

"Petugas PLN tidak meminta biaya atas layanan yang diberikan secara langsung, semua transaksi pembayaran melalui sistem PPOB, tidak ada pembayaran di rumah pelanggan," tegasnya. 



 

Menurut Gregorius, apalagi penipuan bisa berbentuk seperti mendownload aplikasi tertentu, survei berhadiah hingga layanan yang mengaku petugas PLN yang datang ke rumah kemudian meminta biaya-biaya di luar ketentuan. 

 

Gregorius menegaskan PLN tak pernah memungut biaya layanan selain yang tertera di aplikasi dan seluruh transaksi pembayaran saat ini terpusat lewat sistem digital melalui Payment Point Online Bank (PPOB).

 

"Kami mengimbau agar masyarakat berhati-hati atas tawaran ataupun pihak-pihak yang mengatasnamakan PLN dan meminta sejumlah biaya atau bayaran," ungkap Gregorius.

 

Gregorius juga mengajak masyarakat lebih memperhatikan kelengkapan atribut petugas resmi PLN. Sebab petugas PLN selalu dibekali surat tugas, menggunakan tanda pengenal, alat pelindung diri (APD) dan seragam kerja selama bertugas.

 

Jika di lapangan masyarakat menemukan oknum yang mengaku petugas PLN dan meminta pembayaran di tempat, masyarakat jangan ragu melaporkannya melalui PLN Mobile atau Contact Center PLN 123.

 

Diberitakan sebelumnya, beredar kabar di sosial media berupa lembaran tanda bukti penggantian nomor ID PLN dengan meminta biaya Rp400 ribu. Dalam lembar tersebut juga terdapat logo PLN dan cap merah dengan kolom tanda tangan.