5 Anggota DPRD Pekanbaru Maju ke DPRD Riau, Mampukah Bersaing dengan Incumbent?

Gedung-DPRD-Riau2.jpg
(riau.go.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Beberapa Anggota DPRD Pekanbaru menjadi sorotan pasca pengumuman Daftar Caleg Sementara (DCS) oleh KPU Riau. Setidaknya ada lima legislator kota yang maju ke DPRD Riau.

Merunut dari Ruslan Tarigan politikus PDIP, Ida Yulita Susanti politikus Golkar, Ginda Burnama dari Gerindra, Munawar Syahputra politikus Nasdem, dan Mulyadi dari PKS.

Merujuk perolehan suara di Pileg 2019 lalu, hanya Ida yang mencapai perolehan suara di atas 5.000 suara, yakni 5.019 suara saat ini.

Disusul dengan Ginda dengan jumlah 3.753 suara, Ruslan meraih 2.491 suara, Mulyadi, 2.462 suara, dan Munawar dengan total suara 1.201.



Hal ini tidak sebanding dengan sembilan anggota DPRD Riau yang duduk pada 2019 lalu, meraih suara yang jauh di atas mereka.

Misalnya, suara tertinggi diraih Agung Nugroho meraih 27.527 suara, dan terendah Robin P Hutagalung dengan 9.815 suara. Sementara mayoritas lainnya meraih belasan ribu suara.

Kendati begitu, bukan tak mungkin kelima Anggota DPRD Pekanbaru ini mendapatkan kursi, karena dua Anggota DPRD Riau Dapil Pekanbaru tak lagi mengikuti kontestasi. 

Muhammad Aulia maju DPR RI dengan meninggalkan Gerindra berlabuh ke Nasdem. Sementara Noviwaldy Jusman telah meninggal dunia.