Pentingnya Pemasaran di Internet, Dosen Ilmu Komunikasi Unri Dampingi UMKM di Bengkalis

FISIP-Unri-dampingi-UMKM.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Riau (FISIP Unri) melakukan program pengabdian kepada masyarakat. Mereka menyasar para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Kamis 3 Agustus 2023.

Program ini di antaranya pendampingan literasi media internet untuk program Sinergi Sejuta UMKM di Kabupaten Bengkalis. Para pelaku UMKM diberi pemahaman tentang literasi media internet dan penerapannya dalam strategi pemasaran.

Pemimpin program pengabdian, Rumyeni menyampaikan, bertujuan untuk memperkuat potensi bisnis lokal. Ada serangkaian kegiatan workshop, pelatihan, dan pendampingan individual oleh tim dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unri.

Mereka memberikan panduan kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bengkalis tentang bagaimana memanfaatkan media internet dengan efektif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing bisnis lokal.

"Kami sangat bangga dapat memberikan kontribusi nyata bagi UMKM di Kabupaten Bengkalis melalui pendampingan literasi media internet ini. Dalam era digital yang terus berkembang, literasi media internet menjadi kunci untuk memanfaatkan teknologi dengan bijaksana dan meraih peluang yang lebih besar," paparnya.


Dalam rangka mendukung pengembangan UMKM di Bengkalis, Sekretaris Bappeda, Syahrudin, menyampaikan harapannya untuk keberlanjutan kerjasama ke depan. Dirinya berharap agar kolaborasi yang telah terjalin dapat terus ditingkatkan guna memajukan sektor UMKM di daerah.

"Program pengabdian ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan UMKM dan ekonomi lokal di Kabupaten Bengkalis, serta menjadi langkah awal untuk memperkuat keterampilan digital dan daya saing bisnis bagi para pelaku UMKM," harapnya.

Peserta program merespons positif kegiatan pendampingan. Mereka menilai adanya pendampingan literasi media internet telah membantu pelaku usaha memahami strategi pemasaran yang tepat dan menciptakan kehadiran yang lebih kuat dalam dunia digital.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dipimpin oleh Dr. Rumyeni, M.Sc. Bersama dengan timnya yang beranggotakan Nita Ramayanti, M.Comm, Ikhma Zurani, M.I.Kom, dan Sesdia Angela, S.Sos, M.I.Kom.