Beragam Perlombaan Seru dan Menarik Sambut Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945

Panjang-pinang.jpg
(Antara)

Laporan:Winda Turnip

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Masyarakat Indonesia akan merayakan Hari Kemerdekaan atau Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) pada 17 Agustus mendatang.

Berbagai perlombaan yang seru dan menarik biasanya akan digelar, mulai dari tingkat RT/RW, kelurahan, kecamatan, hingga instansi-instansi pemerintah dan swasta.

Perlombaan-perlombaan yang digelar sangat beragam. Ada pula berbagai perlombaan klasik yang sudah turun-temurun digelar. Membuat kita bernostalgia dengan masa kecil dan kampung halaman.

 

Nah, berikut ini merupakan beragam perlombaan seru dan menarik yang umumnya digelar saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia:

 

1. Panjat Pinang

 

Pernahkan kamu menyaksikan serunya perlombaan panjat pinang yang hanya muncul saat 17 Agustus ini? Panjat pinang menggunakan pohon pinang atau pohon sejenis yang kemudian dilumuri oli agar licin, kemudian bagian atasnya digantungi berbagai hadiah, seperti sembako, uang bahkan barang-barang elektronik. 

 

Pohon pinang kemudian didirikan dan peserta yang membentuk kelompok berusaha memanjatnya untuk mencapai hadiah tersebut. Kekompakan dan kebersamaan menjadi inti dari permainan ini. 

 

2. Lomba balap karung

 

Perlombaan balap karung juga biasanya tidak absen saat 17 Agustus. Dalam permainan ini, para peserta masuk ke karung goni lalu mulai berlari. Siapapun yang lebih dahulu mencapai garis finish adalah pemenangnya.

 

Permainan ini biasanya diselenggarakan di sekolah-sekolah atau juga lingkungan warga.

 

3. Tarik tambang

 

Permainan tarik tambang juga membutuhkan kekompakan antar tim yang menjadi peserta. Dalam permainan ini, dua tim saling tarik menarik tali hingga salah satunya melanggar batas yang ditentukan atau terjatuh. 

 

Pastikan permainan ini dilakukan di tempat yang aman ya..

 


4. Lomba membawa kelereng di sendok

 

Ini dia perlombaan yang buat gregetan pesertanya bahkan penontonnya. Dalam permainan ini, setiap peserta membawa kelereng dalam sendok makan. Sendok itu kemudian di pegang dengan mulut. 

 

Setelah itu, para peserta berlomba mencapai garis finish. Jika kelereng jatuh harus memulai lagi dari awal.

 

5. Lomba makan kerupuk

 

Lomba makan kerupuk juga udah ga asing lagi menjadi perlombaan favorit pada anak-anak maupun dewasa. Lomba makan kerupuk biasanya dilakukan dengan mata tertutup atau tangan diikat. Peserta yang lebih dulu menghabiskan kerupuknya adalah pemenangnya.

 

6. Lomba memasukkan paku ke botol

 

Perlombaan ini menggunakan botol kaca yang diletakkan di belakang peserta. Setiap peserta kemudian diikatkan benang kepinggangnya. Pada bagian belakang, benang menjuntai dan diujungnya ada paku atau pensil. Peserta yang berhasil memasukkan pensil atau paku ke dalam botol dianggap sebagai pemenang. Perlombaan ini agak sulit loh.

 

7. Lomba sepakbola pakai daster

 

Sudah pernah liat perlombaan ini? Serunya melihat bapak-bapak rumah tangga bermain bola menggunakan daster. Perlombaan ini bisa membuat kaum ibu-ibu terpingkal-pingkal, karena aksi-aksi lucu yang biasanya terjadi saat perlombaan berlangsung.

 

Tapi kaum ibu-ibu juga bisa ikutan kok..

 

8. Lomba gobak sodor

 

Apakah kamu asing dengan nama permainan ini? Permainan ini dilain tempat disebut benteng sodar, galasin atau hadang.

 

Untuk memainkan permainan ini, diperlukan dua tim, yakni tim penjaga dan tim pemain. Kemudian buat garis ditanah, horizontal dan vertikal sehingga membentuk kotak empat atau enam, tergantung jumlah peserta.

 

Tim penjaga akan berdiri di garis horizontal dalam kotak, dan satu orang di garis vertikal. Kemudian tim pemain akan berusaha melewati garis-garis itu, satu persatu dari ujung ke ujung.

 

Tim pemain akan gagal jika disentuh oleh pemain tim penjaga saat mencoba melewati garis. Jika berhasil melewati garis, maka mereka menang.

 

9. Lomba balap egrang

 

Perlombaan ini juga bisa menjadi hiburan seru untuk memeriahkan HUT RI. Untuk memainkannya, setiap pemain membutuhkan dua bilah bambu yang kemudian diberi tapak untuk pijakan kaki. 

 

Peserta yang berhasil menggunakan egrang hingga sampai finish lebih dulu dinyatakan sebagai pemenang.

 

10. Lomba balap bakiak

 

Lagi-lagi, perlombaan ini mengingatkan betapa pentingnya kerjasama dan kekompakan diantara tim. Lomba balap bakiak ini menggunakan papan panjang seperti bakiak untuk sejumlah orang. 

 

Kalau mau sukses berjalan dengan bakiak ini, sebuah tim harus kompak dalam melangkah, saling bekerjasama dan perlu koordinasi yang baik diantara pemain. 

 

 

 

Itu tadi berbagai perlombaan tradisional yang biasa digelar untuk memeriahkan HUT RI. Walaupun sebenarnya masih ada puluhan atau bahkan ratusan lagi perlombaan lainnya, yang saat ini bermunculan seiring inovasi dan kreasi masyarakatnya.

 

Pada dasarnya, perlombaan-perlombaan digelar untuk memeriahkan HUT RI sekaligus mempererat kekompakan diantara masyarakat. Apakah kamu sudah punya rencana mau ikut lomba apa pada 17 Agustus ini?