Operasi Patuh Lancang Kuning Dimulai Hari Ini, Kapolresta: Tertib Berlalu Lintas

Kapolresta-Pekanbaru1.jpg
(dok. Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Operasi Patuh Lancang Kuning 2023 resmi dimulai hari ini, Senin, 10 Juli 2023.

Operasi penertiban lalu lintas ini akan digelar selama 14 hari ke depan, terhitung sejak hari ini sampai 23 Juli 2023 dengan delapan sasaran prioritas. 

Delapan sasaran prioritas yang akan ditindak yakni tidak menggunakan helm saat berkendara, tidak menggunakan sabuk pengamanan, melawan arus lalu lintas, menggunakan knalpot brong, membonceng lebih dari satu, berkendara di bawah pengaruh alkohol dan menggunakan hp saat berkendara.

"Sasarannya adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," ujar Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Jefri Ronald Parulian Siagian. 


Lanjut Jefri, pelaksanaan Operasi Patuh Lancang Kuning 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan menciptakan Kamseltibcar Lantas dengan harapan menekan angka kecelakaan Lalu Lintas.

"Giat ini kita laksanakan selama 14 hari di Pekanbaru. Melalui operasi ini, kita harap masyarakat bisa semakin patuh dan tertib dalam berlalu lintas, sehingga bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas dan mengurangi kecelakaan lalu lintas," tutupnya.

Adapun Instansi yang ikut terlibat dalam apel pelaksanaan Operasi tersebut terdiri dari TNI, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja dan dan Satpol PP.