Operasi Patuh Lancang Kuning Dimulai, Ini Target Pelanggarannya

Apel-Satlantas-Pekanbaru.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Polresta Pekanbaru menggelar Operasi Patuh Lancang Kuning 2023 mulai hari ini, Senin, 10 Juli 2023 hingga 23 Juli 2023.

Prioritas operasi yakni menggunakan helm SNI, menggunakan sabuk pengamanan, tidak melawan arus lalu lintas, tidak menggunakan knalpot brong, tidak membonceng lebih dari satu, tidak berkendara di bawah pengaruh alkohol, tidak menggunakan handphone saat berkendara.

"Sasarannya adalah segala bentuk potensi gangguan, ambang gangguan dan gangguan nyata yang berpotensi pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas," terang Kapolresta Pekanbaru, Kombes Jefri Siagian, Senin, 10 Juli 2023.

Kombes Jefri menambahkan, agar pelaksanaan operasi tetap mengedepankan cara yang humanis.


Operasi Patuh Lancang Kuning 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas dan menciptakan Kamseltibcar Lantas dengan harapan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, sejumlah Instansi terkait yang ikut serta dalam apel pelaksanaan Operasi tersebut terdiri dari 5 personel TNI, 10 personel Dinas Perhubungan, 10 personel Jasa Raharja dan 10 personel Satpol PP.

"Giat ini kita laksanakan selama 14 hari di Pekanbaru. Melalui operasi ini, kita harap masyarakat bisa semakin patuh dan tertib dalam berlalu lintas, sehingga bisa mengurangi pelanggaran lalu lintas dan mengurangi kecelakaan lalu lintas," tutupnya.