Revitalisasi Pasar Palapa Masuk Tahap Peletakan Batu Pertama

Area-proyek-pasar-palapa1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses revitalisasi Pasar Palapa segera masuk tahap groundbreaking atau peletakan batu pertama. Saat ini area proyek sudah ditimbun tanah dan di bagian belakang Pasar Palapa kini sudah ditutupi oleh seng warna merah.

"Kita sudah memagar sekitar area ini, sebab pekan depan kita lakukan groundbreaking," ujar Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Zulhelmi Arifin, Minggu 23 Juli 2023.

Ia mengatakan, bangunan dalam revitalisasi ini menggunakan kerangka baja. Pasar tersebut akan berbentuk hall atau aula sehingga memiliki konsep pasar yang higienis.

Dirinya menilai konsep ini dipilih agar keberadaan pasar tidak lagi terkesan kumuh. Ia ingin menghilangkan stigma tersebut sehingga pasar ini dirancang dengan konsep modern yang dapat menampung sebanyak 80 pedagang.


"Kita rancang agar distribusi barang hingga sirkulasi pengunjung dan pedagang, nanti atur sedemikian rupa," ungkapnya.

Lokasi revitalisasi akan menjadi tempat pasar basah. Posisinya terpisah dari pasar kering agar sampah dari pasar ini terpilah antara pasar basah dan pasar kering.

Pria disapa Ami menyebut, anggaran untuk revitalisasi Pasar Palapa ini sebesar Rp 3 Miliar. Proses pencairan anggaran ini berlangsung secara bertahap seiring melihat progres dari revitalisasi pasar.

"Untuk saat ini pedagang di pasar basah berjualan di Tempat Penampungan Sementara (TPS) di area parkir Pasar Palapa," tutupnya.