PPDB Berakhir, Disdik Ingatkan Sekolah Jangan Ada Jalur Belakang

Ilustrasi-PPDB-Online3.jpg
(ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/foc via Tirto.id)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Rangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMPN di Pekanbaru sudah berakhir. Ratusan calon peserta didik telah lulus dan menyaksikan pengumuman, Kamis 6 Juli 2023.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Pekanbaru, Abdul Jamal menegaskan tidak ada lagi PPDB lanjutan. Ia mengingatkan sekolah agar jangan membuat PPDB jalur belakang.

"Kita pastikan tidak ada calon peserta didik yang masuk dari jalur belakang," tegasnya, Minggu 9 Juli 2023.

Jamal mengatakan bahwa pihaknya masih menerima laporan dari orangtua yang keberatan atas hasil PPDB karena sejumlah faktor.


"Kalau ada laporan anak yang jaraknya jauh, sedangkan yang dekat dari sekolah malah tidak lolos tentu kita tindaklanjuti. Kita akan lakukan klarifikasi ke sekolah," jelasnya.

Menurutnya, orangtua calon peserta didik bisa menyampaikan keberatan dengan syarat sudah mendaftar di sekolah tujuan. Apabila peserta didik belum daftar di sekolah tujuan, tentu laporannya tidak bisa ditindaklanjuti.

"Kalau untuk lain-lain tidak ada, saya tegaskan tidak ada lewat jalur belakang," tegasnya.

Kuota PPDB paling banyak terisi yakni lewat jalur zonasi. Kuota untuk jalur zonasi awalnya sebanyak 6.023. Namun ada penambahan kuota terisi untuk jalur zonasi sebanyak 971.

Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru pun melakukan pergeseran terhadap kuota yang ada. Mereka menggeser kuota yang belum terisi dari tiga jalur itu ke penerimaan jalur zonasi.