Peringati Hari Anak Nasional ke-39, Pemprov Riau: Dukung Pemenuhan Hak Anak

Hari-anak-nasional2.jpg
(Riau online/Sofiah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang ke-23 Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Riau menaja acara bertemakan "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Acara dihelat pada Sabtu, 22 Juli 2023 di Mal Pekanbaru. Nantinya, puncak acara pada Ahad, 23 Juli 2023 di area Car Free Day (CFD) Jalan Jenderal Sudirman.

 

Pemerintah Provinsi Riau yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin mengatakan meski tanpa bantuan pemerintah LPAI bisa menyelenggarakan acara ini. Ia mengajak perlunya semangat baru untuk mendukung pemenuhan hak anak di Riau.

 

"Peringatan Hari Anak Nasional merupakan hal yang penting untuk menggugah kepedulian dan antisipasi dalam menjamin hak anak. Bagaimana anak bisa hidup, tumbuh, dan berkembang dan berpartisipasi dalam segala bentuk dan terhindar kekerasan dari diskriminasi," ucapnya.

 

Dikatakannya lagi, peringatan Hari Anak Nasional juga menjadi refleksi bagaimana anak Indonesia bisa menjadi mensosialisakan diri. Dirinya menyebut, kegiatan ini melalui seni dan bakat yang merupakan generasi bangsa yang brus dijamin dengan demikian perkawinan anak.

 


"Sepertiga penduduk Indonesia adalah anak yang merupakan generasi bangsa yang harus dijamin pemenuhan hak hidupnya dari permasalahan seperti perkawinan anak dan anak berhadapan dengan hukum. Karenanya perlu adanya anak Indonesia yang diperhatikan untuk mencapai generasi emas 2045," ucapnya.

 

Secara tegas dikatakannya, Pemprov Riau berkomitmen untuk selalu melindungi anak-anak yang berada di Bumi Lancang Kuning. Berbagai mobilisasi anggaran menurutnya dikucurkan sampai ke lintas sektor. 

 

 

"Melalui peringatan ini, kami mengajak semua elemen provinsi, kabupaten kota serta masyarakat untuk mengupayakan pemenuhan anak Indonesia melaui program Kota Layak Anak," paparnya.

 

Dalam acara yang berlangsung sekitar tiga jam itu ada penampilan menari senyum ala anak Indonesia yang dipimpin langsung oleh Ketua LPAI Riau Ester Yuliani. Para anak dengan mengenakan berbagai atribut tampak lincah dalam setiap gerakan. Selain itu turut serta diselingi kegiatan seperti lomba anak diantaranya lomba menyanyi dan menari dari tingkat TK hingga SMP.