Pemprov Riau: Kepulangan Jamaah Haji Tidak Ada Kendala

Masrul-Kasmy1.jpg
(SOFIAH/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Para jamaah haji asal Pekanbaru kloter kedua telah tiba Kota Bertuah, Rabu, 5 Juli 2023. Kepulangannya mereka disambut oleh berbagai pihak termasuk Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Ada 9 bus yang membawa jamaah haji dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru ke Asrama Embarkasi Haji. Beberapa jamaah yang lanjut usia mengenakan kursi roda didorong anggota keluarga maupun panitia.

Asisten I Sekdaprov Riau, Masrul Kasmy, mengatakan sejauh ini tidak ada kendala dalam kepulangan jamaah haji lantaran ada jadwal kedatangan pesawat dari Batam. 

"Satu pekan sebelum kedatangan kami sudah dapat jadwal jadi tidak meleset. Kalau untuk jamaah haji itu jarang sekali meleset. Jadi sejauh ini tidak ada kendala," ungkapnya.

Koordinasi pun terus dilakukan berbagai pihak hingga jamaah haji sampai di Bumi Lancang Kuning. Setiap kedatangan, sebutnya, akan tetap disambut di asrama terlebih dahulu. 



"Tetap disambut sebelum akhirnya diserahkan ke PPIH kabupaten atau kota yang ada di Riau. Karena ada panitia provinsi dan kabupaten," paparnya.

Kendati begitu, kata dia, jamaah haji yang sudah keluar dari asrama akan menjadi tanggung jawab PPIH kabupaten kota. 

Ia pun menyampaikan, ibadah haji adalah ibadah yang utama dan tidak mudah mendapatkannya. Untuk itu, perlunya mencintai masjid dan memperbanyak ibadah.

Penjemputan jamaah haji pun dibatasi yakni hanya dengan satu kendaraan roda empat atau mobil oleh anggota keluarga. Sementara, anggota keluarga lain maupun tetangga hanya perlu menunggu di rumah.