HUT Pekanbaru, Warga Disabilitas Diberi Bantuan Kaki Palsu hingga Kursi Roda

Bantuan-warga-disabilitas.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Di Peringatan hari jadi ke-239 Kota Pekanbaru, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru kembali menyalurkan bantuan bagi warga penyandang disabilitas. Ada 39 penyandang disabilitas mendapatkan bantuan sebagai pemenuhan hak mereka.

Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, bersama Kepala Dinas Sosial, Idrus, langsung memberikan bantuan berupa kaki palsu, kursi roda, alat bantu dengar dan tongkat. Penyerahan berlangsung pekan lalu di Masjid Raya.

Idrus mengatakan, bantuan tersebut dianggarkan melalui APBD Pekanbaru. Pada tahun ini, ada 84 orang penyandang disabilitas sudah peroleh bantuan. Untuk 39 orang, bantuan dianggarkan dari APBD dan 45 orang dari Abiseka Rumbai, APBN. 

"Itulah upaya-upaya yang dilakukan pemerintah kota di bawah kepemimpinan bapak Wali Kota Muflihun, agar hak-hak saudara kita penyandang disabilitas terpenuhi," ujar Idrus, Jumat 30 Juni 2023.


Menurutnya, pemerintah kota melalui Dinas Sosial Pekanbaru juga berupaya menggandeng swasta agar dapat memberikan bantuan untuk penyandang disabilitas.

"Karena APBD kota terbatas, kita berharap ke depannya pemerintah provinsi melalui bankeu atau APBN dan juga swasta melalui dana CSR bisa berkontribusi untuk penyandang disabilitas di kota Pekanbaru," harap Idrus.

Selain bantuan kepada warga penyandang disabilitas, mereka juga fokus kepada hak warga tidak mampu. Dinsos Pekanbaru mengingatkan Ketua RT dan RW turut melakukan pendataan terhadap warga tidak mampu yang ada di wilayahnya.

RT RW bisa mengusulkan warga tidak mampu dalam musyawarah kelurahan atau muskel. "Diharapkan kepada masyarakat, melalui RT RW untuk dapat mengusulkan warga yang tidak mampu itu untuk di Muskel kan di kelurahan," ujar Idrus.