Kebutuhan Hewan Kurban untuk Idul Adha di Pekanbaru Sebanyak 11 Ribu Ekor

Sapi-kurban-Jokowi-2023.jpg
(Dok Mediacenter Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kebutuhan hewan kurban di Kota Pekanbaru totalnya mencapai 11.297 ekor. Ada penambahan jumlah hewan kurban hingga dua ribu ekor pada momen Idul Adha 1444 H.

Hewan kurban mengalami peningkatan karena kondisi saat ini tanpa pembatasan. Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kota Pekanbaru mendata pada tahun ini ada penambahan sebanyak 2.297 ekor hewan kurban.

 

"Kita sudah melakukan penghitungan kembali untuk kebutuhan hewan kurban baik sapi maupun kambing," ujar Kepala Distankan Pekanbaru, Muhammad Firdaus, Jumat 16 Juni 2023.

 

Dirinya menjelaskan bahwa Tim di lapangan tidak hanya melakukan pendataan terhadap kebutuhan jumlah hewan kurban, namun juga memastikan ketersediaan hewan kurban pada momen Idul Adha nanti.

 

Pihaknya juga melakukan pengawasan terhadap hewan ternak yang masuk dari luar Pekanbaru. Selain itu, tim juga memeriksa kondisi kesehatan hewan ternak baik sapi maupun kambing yang masuk ke Kota Pekanbaru.

 

Firdaus memastikan belum ada hewan ternak yang kedapatan tertular penyakit seperti Penyakit Mulut Kuku (PMK) dan LSD pada sapi. Pemeriksaan kesehatan ini untuk mengantisipasi adanya penyakit menular terhadap hewan kurban.


 

 

Hewan kurban baik sapi maupun kambing yang hendak masuk ke Kota Pekanbaru harus memiliki dokumen kesehatan. Ia menilai dokumen ini sebagai bukti bahwa hewan kurban tidak tertular penyakit.

 

"Pemeriksaan dokumen ini juga untuk mencegah penularan penyakit terhadap hewan kurban jelang Idul Adha nanti Pekanbaru," sebutnya.