Pemprov Riau Kerjasama Pendidikan dengan UTP Malaysia, Ada Program Scholarship

Syamsuar751.jpg
(Dok. Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus bekerjasama dengan berbagai pihak termasuk luar negeri. Gubernur Riau Syamsuar pun telah melangsungkan kerjasama dengan Universitas Teknologi Petronas (UTP) Malaysia pada Ahad, 21 Mei 2023 malam.

Syamsuar mengatakan kerjasama yang dibentuk terkait dengan pendidikan tinggi. Termasuk, menyangkut batas wewenang, pendanaan, dan kemampuan teknis yang berfokus pada bidang penelitian dan pengembangan, serta peningkatan kapasitas.

"Kami akan mempersiapkan seleksi untuk anak-anak Riau yang ingin menuntut ilmu di UTP Malaysia. Setelah dilakukan seleksi nanti akan diketahui siapa saja yang bisa belajar di sana," ujarnya.

Selain itu, program scholarship juga akan diberikan kepada anak Riau yang lulus seleksi, khususnya kurang mampu dalam urusan pembiayaan. Rencananya, akan digelar pertemuan dengan Dinas Pendidikan Riau untuk membahas program scholarship ini.



"Pihak kami akan mempresentasikan secara rinci terkait program yang ada khususnya bidang technical, IT, science," katanya.

Tak hanya itu, Syamsuar juga berharap kerjasama ini bisa menghasilkan anak Riau bekerja di Petronas.

"Jadi setelah anak-anak kita ini menimba ilmu di UTP Malaysia, kita harapkan anak-anak kita langsung dapat bekerja secara profesional di Petronas," harapnya.

Deputi Vice Chanvellor Academic UTP Malaysia, Dr. Hilmi menyebut kerjasama yang telah berlangsung agar pelajar dari Riau bisa meninba ilmu di UTP.