Puskesmas di Riau Siaga 24 Jam saat Arus Mudik dan Balik Lebaran

Ilustrasi-arus-mudik-lebaran1.jpg
(Foto: Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Mendekati Idul Fitri 1444 H yang sudah di depan mata, pemerintah mulai melakukan berbagai persiapan untuk menghadapi mudik, termasuk di sektor kesehatan masyarakat.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, mengimbau seluruh Puskesmas di kabupaten dan kota tetap buka 24 jam saat arus mudik dan balik Lebaran.

"Kami sudah menyurati kepala dinas kabupaten/kota untuk membuka Puskesmas selama 24 jam khususnya yang berada di jalan lintas untuk siap siaga," ungkapnya.

Para petugas kesehatan Puskesmas disiagakan 24 jam sejak H-7 dan H+7 lebaran mendatang. 



"Ini untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Sehingga, petugas diminta standby. Jangan pula tidak ada atau tidak buka," terangnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tenaga kesehatan di Riau akan bergabung dengan pos pengamanan dan pos kesehatan saat arus mudik dan balik. Para pemudik bisa memeriksakan kesehatan sembari beristirahat di pos-pos yang didirikan pemerintah setempat.

Tak hanya tenaga kesehatan, TNI-Polri, BPBD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan petugas lainnya akan turut mengatur jalannya arus mudik dan balik. Sehingga, kecelakaan dan kejahatan maupun tindak kriminal dapat segera ditangani.

"Ini bentuk kolaborasi pelayanan. Semua stakeholder dilibatkan sesuai peran masing-masing," tutupnya.