Tingginya Permintaan Bikin Harga Ayam dan Daging Sapi Naik di Pekanbaru

Pedagang-daging-sapi.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah harga bahan pangan di pasar mulai mengalami kenaikan. Dua komoditi yang jadi perhatian yakni harga daging ayam ras dan daging sapi segar.

Harga daging ayam ras per kilogramnya kini Rp 24.000. Sedangkan harga daging sapi segar nyaris menembus Rp 140.000 per kilogram.

Kedua komoditi ini mengalami kenaikan seiring tingginya permintaan memasuki bulan suci Ramadan 1444 H. Kondisi ini jadi perhatian Pemerintah Kota Pekanbaru bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Pekanbaru.

"Maka kita intervensi di produsen, agar peternak tidak mematok harga tinggi. Satu upayanya kita melakukan kerjasama dengan daerah penghasil, kita gandeng bersama BUMD kita," ujar Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution, Jumat 24 Maret 2023.



Dirinya mengatakan bahwa kerjasama itu terjalin dengan daerah sejumlah daerah penghasil. Upaya lainnya dilakukan tim juga memantau gejolak harga bahan pangan.

Indra menyebut, bila ada harga bahan pangan yang tinggi tentu pemerintah kota bersama TPID melakukan intervensi harga bahan pangan.

Ia mencontohkan upaya intervensi harga bahan pangan cabai. "Namun sampai saat ini harga sejumlah bahan pangan masih normal," ujarnya.