Terlilit Utang Bisnis Ternak Ayam Bikin Briptu Riyan Yoga Nekat Bunuh Diri

Briptu-RY.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Penyebab Briptu Riyan Yoga akhirnya terungkap. Ajudan Kapolres Kuansing ini nekat gantung diri karena hutang yang menumpuk. Briptu Riyan Yoga bunuh diri dengan kain di Asrama Polisi Kelurahan Sungai Jering, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi, Riau, Jumat, 17 Februari 2023 sekitar pukul 15.00 WIB lalu.

Usut punya usut, ternyata Briptu Riyan Yoga memiliki utang yang lumayan besar, yakni Rp 1,1 milyar.

Dari data yang dihimpun RiauOnline.co.id, Briptu Riyan Yoga ternyata tidak hanya berutang pada satu tempat saja. Ia pernah berhutang ke Leasing, Kapolres dan ke Bank.

"Almarhum sempat meminjam uang Biptu Yogi sebanyak Rp 150 juta untuk usaha pembuatan kandang ayam beserta isinya dengan pembagian keuntungan 20 persen untuk almarhum Briptu Riyan Yoga dan 80 persen untuk Briptu Yogi," ujar Kapolres Kuansing, AKBP Rendra dalam rilisnya, Jumat, 24 Februari 2023.

Tidak hanya berutang kepada rekan, ternyata Almarhum Briptu Riyan Yoga juga memiliki utang kepada Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata sebanyak Rp 150 juta.


Almarhum Briptu Riyan Yoga meminjam uang Kapolres pada bulan November 2022 sebanyak Rp 100 juta dan dikembalikan pada tanggal 12 Desember 2022.

Sepekan kemudian, Briptu Riyan Yoga kembali melakukan pinjaman kepada AKBP Rendra sebanyak Rp 50 juta, namun baru dikembalikan Rp 20 juta sisanya masih belum dibayarkan hingga saat ini.

Sebelumnya, Sebelum melakukan gantung diri, ternyata Briptu Riyan Yoga sebelumnya pernah melakukan percobaan bunuh diri sebanyak dua kali.

Hal ini terungkap usai rekan korban Bripka Naldi mengatakan kalau Briptu Riyan Yoga dua kali mencoba bunuh diri.

"Percobaan pertama pada bulan Desember 2022. Ia menenggak cairan pembersih lantai wipol dan menyemprotkan baygon ke dalam mulutnya, namun pada saat itu isterinya, Amelia berhasil memberikan pertolongan dengan mencongkel mulut almarhum dan memuntahkannya."

"Percobaan kedua kedua di bulan Februari 2023 dengan cara yang sama, namun berhasil diselamatkan dan dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis," papar Bripka Naldi dalam rilis yang diterima RiauOnline.co.id, Jumat, 24 Februari 2023.