Hari Ketiga Ops KLK 2023, Pelanggaran Didominasi Pengendara Tak Pakai Helm

Kombes-Pria-Budi-bagi-helm2.jpg
(Dok Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE - Memasuki hari ketiga Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 di Kota Pekanbaru, Kapolresta Pekanbaru, Kombes Pol Pria Budi mengungkap pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak mengenakan helm.

Kombes Pria Budi menjelaskan kendati tidak dilakukan penilangan, namun penindakan tetap dilakukan melakukan ETLE mobile.

“Masih banyak ditemukan masyarakat yang tidak mengenakan helm. Ini efek karena kami tidak melaksanakan tilang secara manual namun kami ingatkan bahwa tilang ETLE masih ada,” ungkapnya, Kamis, 9 Februari 2023.

Demi meningkatkan kesadaran masyarakat tentang keselamatan dan tertib berlalu lintas, Polresta Pekanbaru membagikan 30 helm gratis kepada pengendara yang melintas di Jalan Sisingamangaraja, Pekanbaru.



Di hari ketiga ini, Kombes Pria Budi turut turun ke jalan berbagi helm kepada pengendara yang tidak mengenakan helm.

Sebelum memberikan helm, Pria Budi melempar pertanyaan seputar keselamatan berlalu lintas kepada pengendara tersebut.

“Selamat pagi Pak, kami dari Polresta Pekanbaru hari ini melaksanakan Operasi Keselamatan Lancang Kuning 2023 sampai 20 Februari. Saya akan bagikan helm namun terlebih dahulu jawab pertanyaan saya. Pelanggaran apa yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas?,” kata Kombes Pria Budi

“Melawan arus,” jawab pengendara tersebut.

Kombes Pria Budi menjelaskan, dengan pembagian helm ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pengendara bahwa setiap berkendara wajib menggunakan helm.

“Hari ini kami laksanakan pembinaan dan pencegahan. Serta memberikan edukasi bahwa setiap kecelakaan lalu lintas diawali oleh pelanggaran,” terangnya.