Peringati Hari Juang TNI AD, Penerjun Paralayang Nyangkut di Pohon Gubernuran Riau

Parasut-paralayang-nyangkut.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seorang penerjun paralayang mendarat tidak sempurna saat peringatan Hari Juang TNI AD Korem 031/Wirabima di halaman kantor Gubernur Riau, Kamis, 15 Desember 2022.

Parasut penerjun paralayang tersebut tersangkut di pohon, di halaman Kantor Gubernur Riau.

Pantauan RiauOnline.co.id, saat penerjun  mendekati titik terjun, parasut paralayang malah mengarah ke pohon dan tersangkut. Beruntung tidak ada luka serius pada anggota Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU tersebut.

Hari Juang TNI Angkatan Darat diperingati setiap 15 Desember. Hari Juang TNI AD dilatarbelakangi oleh peristiwa bersejarah dan penting dalam mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia dalam pertempuran Ambarawa.

Saat itu pasukan sekutu di bawah pimpinan Brigjen Bethel mendarat di Semarang pada tanggal 20 Oktober 1945. Dalam perjalanannya menuju Magelang dan Ambarawa itu, pasukan sekutu membuat kerusuhan, sehingga masyarakat Indonesia memblokade dan menyerang.



Pada 2 November 1945, Soekarno dan Brigjen Bethel melakukan perundingan gencatan senjata. Namun sekutu mengingkari perjanjian itu sehingga pecahlah pertempuran 20 November 1945 yang menjalar ke dalam kota pada 22 November 1945.

Bala tentara sekutu melakukan pemboman ke pedalaman Ambarawa untuk mengancam kedudukan TKR. Pada 26 November 1945 terjadi pertempuran yang menewaskan Kolonel Isdiman yang digantikan oleh Kolonel Soedirman.

Tewasnya Kolonel Isdiman mendorong rakyat dan TKR gencar melakukan serangan balik.

Di bawah pimpinan Kolonel Soedirman, pada 11 November 1945, pertempuran pun berlanjut selama berhari-hari. Pertempuran berakhir dengan kemenangan TKR pada 15 Desember 1945.

Pertempuran tersebut kemudian dikukuhkan dalam pasukan tempur darat utama di TNI Angkatan Darat.

Peringatan Hari Juang TNI-AD Korem 031/WB diwarnai dengan berbagai acara, di antaranya Terjun payung dari Paskhas AU, Pawai kendaraan Alutsista dan Komunitas Kendaran Jeep, Motor dan Sepeda Ontel.