Asian Agri dan Tanoto Foundation Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis Bagi Masyarakat Ukui

Asian-Agri-dan-Tanoto-Foundation-Gelar-Pemeriksaan-Kesehatan-Gratis-Bagi-Masyarakat-Ukui.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Asian Agri bersama Tanoto Foundation dan didukung Pemerintah Kabupaten Pelalawan menggelar pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan, Riau, Selasa, 6 Agustus 2024.

Pemeriksaan kesehatan gratis ini diperuntukkan bagi pengecekan penyakit asam urat, kolesterol, dan gula darah serta screening TB. Selain itu, terdapat juga pemberian edukasi kesehatan untuk pola  hidup sehat masyarakat dan percepatan penurunan stunting

Kepala Puskesmas Kecamatan Ukui, Rosdiana menyampaikan bahwa masyarakat sangat antusias dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan kali ini.

“Terima kasih banyak kepada Asian Agri dan Tanoto Foundation yang sudah mendukung pelayanan kesehatan di wilayah Ukui dan sekitarnya. Alhamdulillah masyarakat yang hadir cukup antusias, bahkan bisa melebihi target kami,” tutur Rosdiana. 

“Sejauh ini sasaran utamanya adalah lansia dan mereka sangat senang karena pemeriksaan kesehatan ini bisa membuat mereka rutin melakukan kontrol kesehatan. Semoga acara seperti ini dapat terus dilakukan bersama, dan bisa terus dilengkapi manfaatnya. Tadi kami juga melakukan screening TB (tuberkulosis) kepada 26 orang,” imbuhnya.

Group Manager PT Inti Indosawit Subur – Ukui Group (PT IIS), Victory Brahmana menjelaskan, pemeriksaan kesehatan gratis adalah wujud nyata dari salah satu filosofi kerja Asian Agri, yakni Good for Community.

“Kami tidak dapat bergerak sendirian untuk mewujudkan cita-cita masyarakat yang lebih sehat. Maka dari itu, hadir juga tim Tanoto Foundation dan Pemerintah Kabupaten Pelalawan yang membantu Asian Agri mewujudkan cita-cita tersebut. Harapannya semakin banyak warga yang terbantu, dan dari tahun ke tahun angka penderita penyakit-penyakit yang diperiksa hari ini akan terus menurun,” kata Victory. 



“Selain itu, PT IIS yang merupakan salah satu bisnis unit Asian Agri terus mendukung upaya percepatan penurunan stunting, terutama di Kabupaten Pelalawan melalui program dan inisiatif yang berkelanjutan,” imbuhnya.

Pada kesempatan yang sama, Regional Lead Tanoto Foundation, Dendi Satria Buana mengatakan, Tanoto Foundation berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Indonesia. 

“Dalam mewujudkannya, kami bekerjasama dengan pemerintah dan mitra yang memiliki pemikiran yang sama. Salah satu yang menjadi fokus adalah meningkatkan layanan kesehatan dan juga mendukung upaya pemerintah dalam penurunan stunting serta berkontribusi dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi,” ujarnya. 

“Program pemeriksaan dan edukasi kesehatan yang dilaksanakan di Kecamatan Ukui, Kabupaten Pelalawan ini merupakan satu langkah nyata dalam mewujudkan komitmen tersebut,” tambahnya.

Acara pemeriksaan kesehatan gratis yang dimulai pada pukul 07.30 WIB dan berakhir kurang lebih pukul 14.00 WIB di Balai Desa Tri Mulya Jaya ini berhasil memeriksa 221 warga. Demi menjangkau jumlah masyarakat yang lebih luas, acara pemeriksaan kesehatan serupa yang rutin digelar akan dilakukan di sejumlah titik di waktu mendatang.

“Terima kasih atas kepedulian Asian Agri dan Tanoto Foundation terhadap isu kesehatan di tengah masyarakat kami. Selama ini pemeriksaan kesehatan memang sudah dilakukan, namun kali ini antusiasmenya lebih besar,” ujar Kepala Desa Tri Mulya Jaya, Suyana. 

Suyana menambahkan, pemilihan tempat yang strategis sehingga bisa menjangkau lebih banyak warga yang hadir dari se-kecamatan Ukui. 

“Kedepannya kami harap tidak hanya isu kesehatan saja, terutama untuk Asian Agri kami harap bisa bekerja sama dengan KUD-KUD kami untuk perbaikan di sektor ekonomi dan lainnya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Asian Agri bersama Tanoto Foundation bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) mengadakan Rembuk Stunting Tingkat Kabupaten di Kantor Bupati Pelalawan pada tanggal 30 Juli 2024. 

Ini merupakan upaya kedua perusahaan tersebut untuk mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Pelalawan. Pada kesempatan yang sama, terdapat penandatanganan MoU antara Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Pelalawan, Tanoto Foundation, dan Asian Agri, serta penandatanganan komitmen bersama Pentahelix Aksi Konvergensi Stunting Kabupaten Pelalawan.