Jokowi Undang Presiden MBZ ke Indonesia di Penghujung Masa Jabatan

Jokowi-Undang-Presiden-MBZ-ke-Indonesia-di-Penghujung-Masa-Jabatan.jpg
(BPMI Setpres/Muchlis Jr)

RIAU ONLINE - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) pada 16-17 Juli 2024. Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden UEA Mohammed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan (MBZ).

Presiden Jokowi menyampaikan undangan kepada Presiden MBZ di penghujung masa jabatannya pada Oktober 2024 mendatang.

"Saya merasa sangat terhormat jika Yang Mulia berkenan memenuhi (undangan). Terima kasih Yang Mulia," kata Presiden Jokowi, dikutip dari Kumparan, Rabu, 17 Juli 2024.

Undangan ini juga dimaksudkan sebagai penanda semakin eratnya hubungan mereka sebagai pemimpin negara. 



Hubungan erat Jokowi dan MBZ tercermin dari sejumlah kerja sama yang dilakukan kedua pihak. Selain itu, mereka saling mengabadikan nama masing-masing di negara. Misalnya, nama Jokowi diabadikan sebagai nama jalan dan sebuah masjid di Abu Dhabi. 

Nama Jalan Presiden Joko Widodo diresmikan pada 19 Oktober 2020 oleh MBZ. Sementara Masjid Presiden Joko Widodo dibangun sejak 2021, selesai pada Oktober 2023, dan dibuka untuk umum pada 14 Desember 2023. 

"Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, penamaan jalan di Abu Dhabi dan Masjid Jokowi di Abu Dhabi ini akan mempererat hubungan kita ke depan antara Indonesia dan UEA," imbuhnya.