Indonesia Dorong Tanggap Darurat Kemanusiaan di Gaza

Menteri-Pertahanan-Prabowo-Subianto-bertemu-Raja-Yordania.jpg
(Dok. Kementerian Pertahanan)

RIAU ONLINE - Menteri Pertahanan Indonesia Prabowo Subianto mewakili Presiden Joko Widodo dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) 'Seruan untuk Bertindak: Tanggap Darurat Kemanusiaan bagi Gaza' di Amman, Yordania, Selasa, 11 Juni 2024.

Setibanya di Yordania, Prabowo bertemu dengan Raja Yordania Abdullah II bin Al-Hussein.

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo menggarisbawahi kembali upaya memperjuangkan rakyat Palestina, tidak saja dengan memantau secara seksama kondisi di Gaza yang sangat rentan, tetapi juga mendorong upaya tanggap darurat kemanusiaan di daerah kantung itu.

“Pemerintah Indonesia saat ini masih terus memantau dengan cermat perkembangan yang memburuk di Gaza (karena) jumlah korban jiwa dan luka terus meningkat," ujar Prabowo, dikutip dari VoA Indonesia, Selasa, 11 Juni 2024.


Indonesia sangat prihatin dengan kondisi masyarakat di Gaza yang sangat rentan saat ini,” imbuhnya.

Konferensi Tingkat Tinggi ini dilangsungkan bersamaan dengan dimulainya kembali perundingan gencatan senjata di Gaza antara Israel dan Hamas, yang dimediasi oleh Amerika Serikat, Mesir dan Qatar.

Dewan Keamanan PBB pada Senin, 10 Juni 2024 sore menyampaikan dukungan proposal gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza yang dipaparkan Presiden Joe Biden. 

Sebelumnya dewan itu juga mendesak Hamas untuk menerima kesepakatan yang ditawarkan guna mengakhiri perang selama delapan bulan terakhir.