Eks Pemain Timnas Malaysia Mahali Jasuli Ngaku Keturunan Indonesia, Cek Faktanya

Mahali-Jasuli.jpg
(Instagram Masali Jasuli)

RIAU ONLINE - Mahali Jasuli, mantan pemain Timnas Malaysia, membuat pengakuan yang memicu keriuhan dalam naturalisasi pemain, skuad Timnas Indonesia.

Mahali Jasuli secara mengejutkan mengaku bahwa dirinya merupakan keturunan Indonesia. Ia menyebut kedua orang tua berdarah Indonesia.

"Itu sebenarnya benar. Karena ibu dan ayah saya orang Indonesia. Karena saya lahir di sini, saya mendapat kartu identitas di sini. Benar, ayah dan ibu saya sama-sama orang Indonesia. Masih memiliki KTP berwarna merah (status penduduk tetap)," kata Mahali Jasuli, dikutip dari Suara.com, Minggu, 6 Oktober 2024.

"Tapi kalau lahir di sini, otomatis mendapat kartu identitas berwarna biru seperti saudara-saudaramu," kata Mahali Jasuli.

Meski memicu pro dan kontra, pengakuan Mahali Jasuli tidak bisa dipandang sebelah mata. Ia memang keturunan Indonesia.


Pria kelahiran Selangor, Malaysia, ini merupakan putra dari orang tua yang berasal dari Pulau Bawean, Gresik.

Kedua orang tua Mahali bekerja di Malaysia ketika ia dilahirkan, sehingga mendapat kartu identitas Negeri Jiran.

Lahir di Selangor pada 2 April 1989, Mahali Jasuli saat ini berusia 35 tahun, pesepakbola berposisi penyerang dengan 51 caps untuk Timnas Malaysia.

Karier sepak bola Mahali diawali pada 2007, hingga pada 2013 ia bergabung dengan Selangor FC dan direkrut Johor Darul Takzim.

Kariernya di level klub terbilang banyak, sejumlah klub besar Liga Malaysia pernah ia bela termasuk PJ City FC, Negeri Sembilan FC hingga Kuala Lumpur City FC.

Sementara itu debutnya bersama Timnas Malaysia terjadi pada Agustus 2009, hingga saat ini sudah mencatatkan 51 caps di tim senior dengan 3 gol.

Mahali juga menjadi andalan Timnas U-23 dengan 14 caps-nya, sosoknya pernah memberi luka untuk Timnas Indonesia.

Tepatnya di final Piala AFF 2010 dan final SEA Games 2011, skuad Garuda dipecundangi Mahali Jasuli dkk dalam dua laga prestisius tersebut.