Raih Emas Perdana, Menkominfo Sebut Veddriq Leonardo Jadi Kebanggaan Indonesia

Veddriq-Leonardo-raih-medali-emas.jpg
(ANTARA FOTO/WAHY PUTRO A)

RIAU ONLINE - Atlet panjat tebing nomor speed Indonesia Veddriq Leonardo akhirnya memperoleh medali emas untuk pertama kalinya di Olimpiade Paris 2024. Kemenangan Veddriq diapresiasi oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi.

Dikutip dari ANTARA, Kamis, 8 Agustus 2024, Budi Arie menilai capaian prestasi medali Emas dari atlet panjat tebing Veddriq Leonardo di Olimpiade Paris 2024 menjadi kebanggaan bagi masyarakat Indonesia.

“Terima Kasih Veddriq Leonardo atas Medali Emas Olimpiade Paris 2024. Perjuangan dan semangat Veddriq dalam Olimpiade Paris 2024 membuat seluruh rakyat Indonesia bangga” kata Budi Arie.

Cabang olahraga panjat tebing sudah dilombakan sejak Olimpiade Tokyo 2020. Namun, saat itu nomor yang dipertandingkan, yakni kombinasi antara speed, boulder, dan lead.



Berbeda dengan sebelumnya, nomor speed kali ini dilombakan secara terpisah dari dua nomor lainnya pada Olimpiade Paris 2024. Veddriq menjadi atlet pertama di dunia yang meraih emas pada nomor speed putra di Olimpiade.

“Ini catatan sejarah dalam dunia olahraga panjat tebing Indonesia yang patut diapresiasi,” ujar Menkominfo.

Veddriq yang merupakan atlet kelahiran Pontianak meraih medali emas dengan catatan waktu 4,75 detik dan berhak atas medali emas Olimpiade Paris 2024.