Viral, Shin Tae-yong Disebut Bukan Lagi Pelatih Timnas Indonesia di Wikipedia

Shin-Tae-yong14.jpg
(Twitter @EdanBolaRCBFM)

RIAU ONLINE - Shin Tae-yong belum menandatangani kontrak dengan PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia. Meski begitu, pelatih asal Korea Selatan itu telah sepakat secara verbal untuk melatih Skuad Merah Putih hingga 2027.

Ketikpastian ini memunculkan spekulasi. Nama Shin Taa-yong di Wikipedia bahkan disebut bukan lagi sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Wikipedia berbahasa Inggris tentang Timnas Korea Selatan itu baru-baru ini mengubah nama Shin Tae-yong sebagai pelatih untuk Negeri Ginseng.

Meski belum ada pernyataan resmi dari Federasi Sepak Bola Korea Selatan, kabar yang dimuat di Wikipedia ini memicu kekhawatiran netizen dan pecinta sepak bola Indonesia.

Timnas Korea Selatan perlu segera mengumumkan pelatih baru setelah Piala Asia 2023. Pasalnya, mereka belum memiliki pelatih kepala sejak ditinggalkan Jurgen Klinsmann, sebagaimana dilansir dari Suara.com, Senin, 24 Juni 2024.

Di bawah Klinsmann, performa mereka jauh di bawah ekspektasi, gagal total di Piala Asia.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menyatakan bahwa PSSI telah mengajukan beberapa proposal perpanjangan kontrak kepada Shin Tae-yong, yang belum ditandatangani.

Saat ini, Shin berada di Korea Selatan. Erick menyatakan bahwa jika Timnas Korea Selatan menginginkan Shin, ia tidak bisa melarangnya.


Erick Thohir iklas jika Shin Tae-yong berlabuh menjadi pelatih Timnas Korea Selatan. Apalagi, hingga kini Shin Tae-yong belum tanda tangan kontrak dengan Timnas Indonesia.

Sebelumnya, salah satu media di Korea Selatan mengungkapkan STY berpeluang kembali melatih tim Negeri Ginseng karena kontrak dengan Indonesia akan selesai pada akhir Juni.

Di sisi lain, Erick Thohir yang juga Menteri BUMN itu tidak melarang apabila pelatih asal Korea Selatan itu ditarik oleh negaranya.

“Kalau pun dari Korea Selatan ingin Shin Tae-yong, saya tidak bisa melarang,” Erick Thohir di sela turnamen sepak bola usia muda Bali 7s di Kabupaten Gianyar, Bali.

Meski begitu, Erick menegaskan pembangunan sepak bola nasional tidak bergantung kepada individu.

Namun berdasarkan kiprah semua tim mulai dari pemain yang berkualitas, pelatih, ofisial, pemerintah, dan PSSI selaku induk organisasi hingga suporter.

“Pembangunan tim nasional ini bukan berdasarkan satu individu, saya jamin itu. Timnas ini dibangun karena sebuah kekuatan bersama,” katanya.

Sejauh ini, Shin Tae-yong sudah memenuhi target PSSI, yakni membawa Timnas Indonesia ke 16 besar Piala Asia 2023 dan Timnas Indonesia U-23 ke perempat final Piala Asia U-23.

STY bahkan membawa timnas Indonesia U-23 ke babak semifinal Piala Asia U23. Sedangkan dari sisi peringkat FIFA, Indonesia kini menduduki posisi 134 yang menjadi peringkat terbaik selama 13 tahun terakhir.

Skuad Merah Putih terakhir kali menempati peringkat 140 pada 19 Oktober 2011.