Intip Kekuatan dan Kelemahan Laga Portugal vs Ceko di Euro 2024

Cristiano-Ronaldo.jpg
(Instagram/Portugal)

RIAU ONLINE - Timnas Portugal akan menghadapi Republik Ceko pada matchday 1 Grup F Euro 2024 di Red Bull Arena, Rabu, 19 Juni 2024 dini hari WIB. Laga kali ini akan menjadi laga Euro ke-6 bagi kapten Portugal, Cristiano Ronaldo.

Memegang rekor untuk gol terbanyak (14) dan penampilan terbanyak (25) di turnamen ini, menjadikan pemain berusia 39 tahun ini sorotan publik.

Dikutip dari Suara.com, Selasa, 18 Juni 2024, Portugal dinilai lebih unggul dalam laga melawan Ceko. Mulai dari pemilihan squad yang diusung Pelatih Portugal Roberto Martinez, juga sejarah gol yang dicetak oleh Ronaldo menjadi penguat tim ini.

Cristiano Ronaldo sendiri mencetak dua gol ketika Portugal menang 3-0 atas Republik Irlandia dalam uji coba terakhir mereka jelang Euro 2024. Itu adalah golnya yang ke-129 dan ke-130 dengan seragam Portugal.

Portugal mencatat tiga kali menang dan dua kali kalah dalam lima laga uji coba jelang Euro 2024. Mereka menang 5-2 atas Swedia, kalah 0-2 dari Slovenia, menang 4-2 atas Finlandia, kalah 1-2 dari Kroasia, serta menghantam Irlandia.


Pelatih Portugal Roberto Martinez juga membawa skuad yang mumpuni seperti Ruben Dias, Diogo Dalot, Bruno Fernandes, Bernardo Silva, Joao Felix, Rafael Leao, hingga Ronaldo.

Meski demikian, Tim Portugal tak bisa menganggap sepele kemampuan Ceko. Terutama, laga kali ini menjadi laga pertama keduanya bertemu dalam Euro.

Republik Ceko sudah mempersiapkan diri dengan maksimal. Dalam empat laga uji coba mereka, Ceko selalu menang setelah mengalahkan Norwegia 2-1, menang 2-1 atas Armenia, 7-1 atas Malta, serta 2-1 atas Makedonia Utara.

Pelatih Ivan Hasek juga mempersiapkan squad ini dengan pemain-pemain yang cukup berbahaya seperti Antonin Barak dan Patrik Schick yang bisa mengancam Portugal.

Roberto Martinez mengaku telah mengantongi kekuatan Timnas Republik Ceko. 

"Ketika saya melihat (Republik) Ceko, saya mengagumi gaya mereka selama bertahun-tahun, sebuah tim yang berani mengambil risiko. Mereka suka memainkan situasi satu lawan satu di seluruh lapangan, mereka memiliki mentalitas menyerang, dan mereka adalah pemain yang hebat. Lawan yang sangat bagus,"  ungkap Roberto Martinez di laman resmi UEFA.