Shin Tae-yong Ungkap Biang Kerok yang Bikin Timnas Indonesia Dihajar Irak

Shin-Tae-yong14.jpg
(Twitter @EdanBolaRCBFM)

RIAU ONLINE - Irak berhasil unggul atas Indonesia dalam laga kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asiap Grup F di Stadion Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis, 6 Juni 2024. Timnas Indonesia mengalami kekalahan 0-2.

Pelatih Shin Tae-yong tak menampik bahwa kekalahan ini juga disebabkan dari kesalahan individu dari para pemain Garuda.

"Para pemain sudah bekerja keras, tetapi banyak hal yang disayangkan. Dengan pengalaman seperti ini, kita harus berusaha lagi ke depannya," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga, dikutip dari Suara.com, Jumat, 7 Juni 2024.

Satu di antaranya blunder yang berakibat fatal adalah pelanggaran Justin Hubner di kotak terlarang yang berujung penalti pada menit ke-54.

Pemain Irak, Aymen Hussen pun sukses melesatkan gol ke titik putih, yang membawa Irak unggul 1-0.

Petaka kembali terjadi bagi Timnas Indonesia, saat Jordi Amat mendapat kartu merah pada menit ke-59 yang membuat tim semakin pincang.


Ernando Ari melakukan blunder di menit 87. Ernando tidak mampu menerima bola dengan baik hasil operan Asnawi Mangkualam.

Ernando yang tampak meragu, justru memainkan bola di dekat dua pemain Irak yang sedang berada di depannya.

Mohamad Ali Kadhim mencoba merebut bola yang akhirnya terlepas dari Ernando. Ali Jassim yang berada di dekat keduanya, mengambil bola yang bergulir bebas dan mengecoh Ernando melalui "keeping" bola yang baik, sehingga melewati kiper timnas Indonesia tersebut.

Tanpa ragu, bola ditendang oleh Jassim tanpa pengawalan kiper.

Garuda tak menyerah meski hanya dengan 10 pemain. Sayangnya, skor 2-0 untuk Irak tak berubah hingga peluit akhir ditiup.

"Walaupun bermain baik, tetapi karena kesalahan sendiri kita gagal. Ini yang harus dievaluasi, semoga ke depannya kita berkembang lagi," jelas Shin Tae-yong.

Kekalahan ini membuat peluang Timnas Indonesia untuk lolos ke putaran final semakin berat.

Namun, asa masih terbuka. Garuda masih berpeluang lolos dengan syarat mengalahkan Filipina di laga pamungkas Grup F pada 11 Juni 2024.

Skuad asuhan STY akan kembali melakoni laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia putaran kedua.

Laga tersebut menjadi kesempatan terakhir bagi Indonesia untuk bisa lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.