BI Komitmen Dorong Pertumbuhan Ekonomi Bersama Pemerintahan Prabowo

Ilustrasi-pertumbuhan-ekonomi.jpg
(Liputan6.com/Andri Wiranua)

RIAU ONLINE - Bank Indonesia (BI) berkomitmen terus berkoordinasi erat dengan pemerintah dan menyambut baik masa kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka.

Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan, pihaknya Bersama pemerintah akan bersama-sama menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

"Bank Indonesia independen, tapi selama ini dalam kepemimpinan saya memperkuat koordinasi kebijakan antara bank sentral dengan pemerintah sama-sama menjaga stabilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi sesuai kewenangan masing-masing," kata Perry,dikutip dari KUMPARAN, Rabu, 16 Oktober 2024.

Menurut Perry, selama ini BI terus berkoordinasi dengan pemerintah seperti kebijakan moneter dan fiskal. 


Komitmen kebijakan moneter dan fiskal, dikatakan Perry, tidak hanya dalam penyusunan makro, ekonomi, dan APBN, tapi juga dalam bagaimana menyusun rencana pembiayaan APBN melalui penerbitan SBN.

"Bagaimana koordinasi menjaga pasar keuangan, seperti itu, bahkan kebijakan fiskal moneter kalau Bank Indonesia memberikan likuiditas pada sektor-sektor yang prioritas," ujarnya.

"Pemerintah memberikan insentif fiskal pada sektor-sektor prioritas contohnya perumahan, pemerintah memberikan insentif fiskal dan Bank Indonesia memberikan insentif likuiditas KLM, satu, moneter fiskal," imbuh Perry.