Indonesia Rugi Rp 63,5 Triliun per Tahun Gara-gara Sering Impor LPG

Gas-melon1.jpg
(Tangkapan Layar/LARAS OLIVIA)

RIAU ONLINE - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia, menyebut impor gas liquified petroleum gas (LPG) yang terlalu banyak telah menyebabkan negara mengalami kerugian. Ia mencatat, negara kehilangan devisa hingga Rp 63,5 triliun.

"Industri LPG kita (memproduksi) hanya 1,7 juta ton selebihnya kita impor. Impor kita menyentuh 6-7 juta ton," kata Bahlil dalam kegiatan Rakornas REPNAS 2024 di Jakarta, Senin, 14 Oktober 2024, dikutip dari Liputan6.com.

Bahlil merincikan, produksi LPG nasional mencapai 1,98 juta metrik ton, sedangkan impor LPG nasional mencapai 6,9 juta ton.

Paparan Bahlil menunjukkan bahwa devisa negara yang hilang karena impor LPG mencapai Rp 63,5 triliun. Angka tersebut berdasarkan asumsi harga LPG USD 580/ton. Maka dari itu, Pemerintah berencana membangun industri gas untuk melakukan konversi, ungkap Bahlil.


"Saya sudah hitung dengan SKK Migas dan Pertamina ada 1,5 - 1,2 juta ton yang bisa kita lakukan," jelas dia.

Adapun biaya subsidi pemerintah untuk LPG mencapai Rp 60-80 triliun per tahun. Sudsidi ini guna menyokong harga gas yang murah dan ramah di kantong masyarakat.

"Harga gas sekarang per kilo Rp 18.000, tapi kita rakyat beli tidak lebih dari Rp 6.000- Rp 5.700 (per kilogram), kalau nambah nambah dikit itu ada gerakan tambahan lah," imbuhnya.