Harga Emas Capai Level Tertinggi Sepanjang Masa

Ilustrasi-Emas-Antam1.jpg
(Dok. Antam)

RIAU ONLINE - Harga emas dunia terus melonjak, seiring dengan kian melemahnya nilai Dolar Amerika Serikat (USD) akibat meningkatnya ekspektasi penurunan suku bunga dari Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed) pada bulan September dan karena ketegangan di Timur Tengah meningkatkan permintaan terhadap emas batangan.

Dikutip dari Liputan6.com, Sabtu, 17 Agustus 2024, Harga emas mencapai level tertinggi sepanjang masa.

Harga emas dunia di pasar spot naik 1,5% menjadi USD 2.493,66 per ons setelah mencapai rekor tertinggi USD 2.500,99 sebelumnya. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 1,6% menjadi USD 2.532,10. Harga emas batangan naik 2,6% minggu ini.

Kurs dolar turun 0,3% dan berada di jalur kerugian minggu keempat, membuat emas lebih menarik bagi pembeli luar negeri.



Sebelumnya, harga emas memangkas kenaikan pada perdagangan Kamis (Rabu waktu Jakarta). Harga emas dunia naik tipis karena dolar dan imbal hasil Treasury naik setelah data ekonomi Amerika Serikat (AS) lebih kuat dari perkiraan yang dapat memengaruhi besarnya penurunan suku bunga dari Bank Sentral AS, Federal Reserve (The Fed).

Harga emas dunia di pasar spot pada Jumat, 16 Agustus 2024 naik tipis 0,3% menjadi USD 2.455,79, setelah naik sebanyak 0,9% di awal sesi. Sedangkan harga emas berjangka AS naik 0,6% menjadi USD 2.493,6.

“Penjualan eceran yang begitu positif menunjukkan ekonomi kuat dan itu telah membalikkan pasar, dan dolar mendapatkan kembali sebagian kekuatannya dan emas kehilangan sebagian kilaunya,” kata Presiden Pasar Dunia EverBank Chris Gaffney.Penjualan ritel AS meningkat 1,0% bulan lalu setelah penurunan 0,2% yang direvisi turun pada bulan Juni, kata Biro Sensus Departemen Perdagangan.