Semangat Daur Ulang, Meriahnya Suasana Sambut Kemerdekaan di Riau Kompleks RAPP

Meriahnya-Suasana-Sambut-Kemerdekaan-di-Riau-Kompleks-RAPP.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN – Setiap Bulan Agustus, semangat nasionalisme selalu membara di seluruh penjuru Indonesia. Bulan ini memiliki makna mendalam karena disinilah, 79 tahun lalu, kemerdekaan Indonesia diproklamasikan.

Kemeriahan tersebut terlihat di Riau Kompleks PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), APRIL Group di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau. Sejak pagi, suasana semarak sudah terasa di lingkungan Riau Kompleks, saat warga antusias menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) pada Minggu, 12 Agustus 2024.

Tak hanya itu, kemeriahan HUT ke-79 RI ini juga diikuti oleh para ekspatriat yang bekerja di RAPP. Momen ini menjadi ajang penting untuk mempererat hubungan antarbangsa dalam lingkungan kerja yang multikultural.

Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri Nasution, saat mengunjungi sejumlah RT, mulai Minggu, 12 Agustus 2024 hingga pada Selasa 13 Agustus 2024, mengapresiasi kepada warga yang berpartisipasi aktif dalam kegiatan ini. 

Menurutnya, semangat kebersamaan yang ditunjukkan dalam perayaan ini sangat penting dalam memperkuat persatuan dan mendukung berbagai program perusahaan yang berorientasi pada kesejahteraan karyawan.

"Terima kasih kepada seluruh warga yang telah bergotong royong menyambut HUT ke-79 RI. Partisipasi seperti ini tidak hanya memeriahkan suasana, tetapi juga memperkuat rasa persatuan dan kecintaan kita terhadap tanah air," ujar Ali saat berkunjung ke RT 03, RW 08 Komplek CM Baru, Selasa, 13 Agustus 2024.

Ali juga memuji kreativitas warga dalam mempersiapkan dekorasi yang seluruhnya dibuat dari bahan daur ulang. Ia berharap semangat inovasi dan persatuan ini terus terjaga di masa mendatang.



Ketua RT 03 RW 08 Komplek CM Baru Budhi Firmansyah mengutarakan, warga yang berasal dari kalangan ekspatriat dari berbagai negara juga sangat antusias menyambut perayaan HUT RI ini, hal ini sudah berlangsung dari tahun-tahun sebelumnya.

"Warga juga turut berpartisipasi memeriahkan lingkungan komplek dengan memasang atribut bendera, umbul-umbul, dan pernik-pernik lainnya, bahkan mereka juga  berkontribusi untuk pelaksanaan aneka perlombaan rakyat dan malam perayaan di tanggal 17 Agustus nanti," terang Budhi.

Senada dengan itu, Ketua RT 01 Komplek BLI dan Rukan, Handra Yoni, saat dikunjungi manajemen pada Minggu, 11 Agustus 2024 kemarin, berharap warga tetap menjaga kekompakan dan terus berinovasi dalam mengolah bahan bekas menjadi barang daur ulang yang memiliki nilai ekonomis.

“Saya berharap seluruh warga dapat memaknai kemerdekaan dengan semangat gotong royong dan kebersamaan, menjaga lingkungan bersih dan asri, serta berinovasi dalam mengubah barang bekas menjadi produk daur ulang yang bermanfaat,” kata Yoni.

Sepanjang jalan di Riau Kompleks, dekorasi bernuansa merah putih menghiasi setiap sudut, mempertegas semangat kemerdekaan yang dirasakan oleh semua warga. Dekorasi yang dibuat secara gotong royong ini menggunakan bahan bekas yang diubah menjadi kerajinan tangan estetis dan bernilai seni.

Ketua RT 06 RW 03 Townsite 2, Edi Syahputra, menyampaikan antusiasme warga dalam mempersiapkan perayaan HUT RI ini. Warga aktif berpartisipasi dalam mendekorasi area komplek dengan memanfaatkan barang bekas yang dapat didaur ulang.

“Untuk memeriahkan HUT RI, kami membentuk kepanitiaan lomba. Warga RT 06 RW 03 kompak bekerja sama, bergotong royong menghias dan membersihkan lingkungan setelah pulang kerja,” ungkap Edi.

Tahun ini, kompetisi pernak-pernik kemerdekaan antar RT mengusung tema pemanfaatan bahan daur ulang sebagai upaya mendukung pelestarian lingkungan. Sebanyak 30 RT akan dinilai berdasarkan kreativitas dan keunikan dekorasi masing-masing oleh dewan juri.

Selain itu, digelar juga kompetisi Urban Farming antar RT dan Home Gardening antar warga. Kegiatan ini bertujuan mendorong warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan berkebun, sekaligus menata halaman agar lebih asri dan bersih.

Rombongan manajemen, yang turut mengunjungi persiapan tiap RT di Townsite 1 dan Townsite 2, juga terdiri dari perwakilan Corporate Communications, Facility Management, Community Religious Affairs, dan Bank Sampah Andalan Lestari.