Karyawan RAPP dan Masyarakat Kampung Simpang Perak Jaya Goro Bersama Sambut HUT ke-79 RI

Karyawan-RAPP-dan-Masyarakat-Kampung-Simpang-Perak-Jaya-Goro-Bersama-Sambut-HUT-ke-79-RI.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PELALAWAN - Menyambut Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Republik Indonesia, masyarakat Kampung Simpang Perak Jaya bersama karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), APRIL Group menggelar gotong royong di area Kampung Simpang Perak Jaya, Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak, Kamis, 8 AGustus 2024.

Kegiatan gotong royong ini merupakan wujud kolaborasi antara perusahaan dan masyarakat setempat. Selain bertujuan memperindah dan membersihkan lingkungan kampung, gotong royong ini juga diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kelestarian lingkungan.

Manajer Stakeholder Relations (SHR) RAPP wilayah Kabupaten Siak, Samsuriya M Hasyim, menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata penerapan filosofi 5C yang diwariskan oleh pendiri perusahaan.

“Keberadaan perusahaan haruslah memberi manfaat bagi masyarakat (Community), melalui gotong royong ini, kami berharap dapat mempererat tali silaturahmi dan menjaga hubungan baik yang telah terjalin selama ini,” ujar Samsuriya.

Sejak pagi, masyarakat dan karyawan RAPP tampak antusias berpartisipasi. Kegiatan diawali dengan penanaman pohon di area lapangan, kemudian dilanjutkan dengan pembagian tugas untuk membersihkan area kampung.

Penghulu Kampung Simpang Perak Jaya, Abdul Musahap Siregar, mengapresiasi dukungan dan kontribusi RAPP melalui berbagai program Community Development (CD) yang telah diberikan kepada masyarakat.



“Masyarakat sangat antusias dengan dukungan yang diberikan oleh RAPP. Gotong royong ini menjadi bukti sinergi antara perusahaan dan masyarakat dalam menyambut HUT RI,” ungkap Abdul.

Abdul, yang baru saja menjabat sebagai Penghulu Kampung Simpang Perak Jaya, berharap hubungan baik yang sudah terjalin dapat terus ditingkatkan melalui berbagai program CD RAPP di masa mendatang.

“Kampung Simpang Perak Jaya yang berada di sekitar wilayah operasional perusahaan telah banyak merasakan manfaat dari berbagai program CD yang dijalankan PT RAPP, mulai dari pendidikan, kesehatan hingga pemberdayaan masyarakat,” tambah Abdul.

Di bidang pendidikan, CD RAPP telah melakukan pembinaan terhadap SD 006 dan SMKN 1 Kerinci Kanan di SP7, serta memberikan beasiswa kepada sejumlah pelajar Kampung Simpang Perak Jaya dari jenjang SMA hingga perguruan tinggi.

Tiga pelajar Kampung Simpang Perak Jaya telah menerima beasiswa ikatan dinas D3 Teknik Pulp dan Kertas (TPK) di Universitas Riau (Unri). Dua pelajar menerima beasiswa pada tahun 2021, sementara satu pelajar lainnya pada tahun 2023. 

Selain itu, beasiswa S1 juga diberikan pada tahun 2020 kepada seorang pelajar yang kini tengah berkuliah di jurusan Agroteknologi Universitas Islam Riau (UIR).

Tidak hanya itu, Khairun Rahmadani, salah satu pelajar lainnya, berhasil meraih beasiswa untuk studi di Islamic Fashion Institute, Bandung. Khairun akan memulai studinya di Bandung dalam waktu dekat dengan harapan dapat menjadi fashionpreneur yang membuka lapangan kerja dan memajukan Kampung Simpang Perak Jaya di masa depan.

Di bidang pemberdayaan, CD RAPP turut mendukung program Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) seperti usaha tahu, dan program pertanian yang mencakup pembinaan kelompok tani durian, kompos, dan hortikultura.

Di bidang kesehatan, CD RAPP juga memberikan dukungan terhadap pembinaan Posyandu dan program makanan tambahan (PMT) untuk mencegah stunting. Melalui berbagai program ini, diharapkan hubungan antara RAPP dan Kampung Simpang Perak Jaya dapat terus terjalin dengan baik dan semakin harmonis.