Harga Bahan Pangan di Pekanbaru Merosot, Pedagang Mengeluh

Pedagang-cabai-di-pasar-agus-salim.jpg
(RAHMADI DWI PUTRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Harga bahan pangan di pasaran Kota Pekanbaru mulai melandai bahkan berada di bawah harga normal, Rabu 31 Juli 2024. Kondisi tersebut dikeluhkan para pedagang.

Banyaknya stok bahan pangan tidak sebanding dengan daya beli. Hal tersebut seperti diungkapkan pedagang cabai di Pasar Cik Puan, Kota Pekanbaru.

"Harga mulai turun ya sejak beberapa minggu ini. Stok melimpah tapi pembeli sepi," kata pedagang cabai, Risma.

Menurutnya, rendahnya minat beli masyarakat saat ini membuat banyak bahan pangan mulai rusak. Apalagi cabai dan sayuran yang mudah layu dan waktu singkat.



Risma mengatakan, saat ini untuk harga cabai merah Bukittinggi dijual berkisar Rp40.000 hingga Rp45.000 per kilogram, tergantung kualitas.

Sementara cabai merah Medan dijual Rp30.000 per kilogram. Kemudian, harga tomat juga jauh merosot, yakni Rp6.000 per kilogram dari harga sebelumnya mencapai Rp15.000 per kilogram.

Ia berharap harga kebutuhan pokok dapat kembali normal dan tidak terlalu jatuh seperti sekarang ini, agar para pedagang juga bisa mendapatkan keuntungan dari berjualan bahan pangan di Kota Pekanbaru.

Tidak cuma bahan pangan, harga ayam potong ternyata juga mengalami penurunan. Kondisi tersebut lantaran stok ayam yang melimpah, sedangkan daya beli masyarakat di Kota Pekanbaru mulai berkurang.

"Harga ayam sekarang Rp24.000 per kilogram. Mungkin sekarang orang fokus untuk keperluan dan biaya sekolah jadi untuk belanja sehari-hari itu hanya sekadar saja," kata penjual daging ayam, Doni.