Siap-siap, Satgas Impor Ilegal Dibentuk Pekan Ini

Zulhas2.jpg
(KOMPAS.com/Ardito Ramadhan D)

RIAU ONLINE - Kementerian Perdagangan membentuk Satuan Tugas (Satgas) impor ilegal. Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan bahwa satgas ini akan selesai dibentuk pada Jumat 19 Juli 2024 mendatang.

Mendag mengaku keputusan ini sudah dikomunikasikan dengan Jaksa Agung dan Kapolri pada Selasa, 16 Juli 2024 lalu.

"Bagaimana caranya menghadapi barang-barang impor? Kemarin saya sudah ketemu Kapolri, Jaksa Agung, mungkin mudah-mudahan Jumat besok Satgas sudah terbentuk," kata Zulkifli, dikutip dari Liputan6.com, Rabu, 17 Juli 2024.

Zulkifli juga menegaskan bahwa kolaborasi tim yang tergabung dalam Satgas ini telah memetakan titik peredaran barang ilegal tersebut. Sehingga, dirinya meminta agar pedagang yang menjual barang impor ilegal harus waspada.



"Hati-hati, yang ilegal-ilegal, yang dagang-dagang barang impor enggak jelas, hati-hati, minggu-minggu ini kita akan terjang semua. Saya sudah detil nanti dari Kejaksaan, Kepolisian, dari pelaku usaha, dan seterusnya," kata Zulkifli.

"Yang main-main, yang masih mau ilegal untuk melindungi industri fesyen kita, pakaian jadi kita, kita akan melakukan peraturan yang terbaik. Kita lakukan penegakan hukum," imbuhnya.

Adapun dalam pembentukan Satgas Impor Ilegal ini, pemerintah akan berfokus kepada 7 barang impor ilegal yang marak bertebaran di pasar Tanah Air. Antara lain, tekstil dan produk tekstil (TPT), pakaian jadi, keramik, elektronik, kosmetik, barang tekstil jadi, dan alas kaki.