Diklaim Rendah Sulfur, Pemerintah Akan Uji Coba BBM Baru 17 Agustus Nanti

SPBU19.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE - Pemerintah rencanakan uji coba Bahan Bakar Minyak (BBM) baru yang diklaim rendah sulfur dan emisi. Hal ini disampaikan oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif, Kamis.

Arifin menjelaskan, uji coba BBM yang diklaim rendah sulfur untuk mengurangi gas buang di sektor transportasi ini akan dilakukan mulai 17 Agustus 2024 mendatang.

"Kita kan sekarang udara kita banyak emisi jadi bagaimana kita bisa kurangi, supaya hidup sehat jadi alternatifnya pake BBM rendah sulfur," kata Arifin, dikutip dari Kumparan, Jumat, 12 Juli 2024.

Arifin juga menjelaskan, pemerintah akan menentukan bahan bakar nabati (BBN) sebagai bahan campuran BBM untuk mengurangi kandungan sulfur menjadi kurang dari 50 ppm.



"Kita cari bahan pencampur yang bisa mengurangi sulfur konten kita sekarang masih 500 ppm, kalau standarnya Euro V di bawah 50, tapi menuju itu ongkosnya ada, tapi kita belum kelar sih (kajian)," terangnya.

Selain itu, Arifin juga menegaskan tidak ada pembatasan pembelian BBM bersubsidi yang disebut-sebut akan dimulai pada 17 Agustus 2024 mendatang.

"Enggak, Enggak ada yang dibatasi 17 Agustus, masih belum ini kok (diputuskan)," tegasnya.