Polsek Mandau Sidak ASN Balai Makam, Tegaskan Netralitas di Pilkada

Kapolsek-mandau-sidak-asn1.jpg
(ANDRIAS/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, MANDAU - Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah bagian krusial dalam menjaga demokrasi yang sehat dan berintegritas. ASN sebagai pelayan publik harus mengedepankan profesionalisme tidak memihak pada satu pasangan calon, dan tetap fokus pada tugas melayani masyarakat.

“Kalian adalah ujung tombak pelayanan publik. Menjaga netralitas bukan hanya kewajiban, tetapi juga bukti kesetiaan kalian terhadap negara dan demokrasi yang jujur dan adil,” tegas Kapolsek Mandau Kompol, Hairul Hidayat disampaikan Ipda Ekanedi saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Rabu 2 Oktober 2024 di Balai Makam, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Sidak Polsek Mandau ini, terang Ipda Ekanedi bertujuan menciptakan keamanan serta berjalannya proses demokrasi pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kabupaten Bengkalis khususnya wilayah Kecamatan Mandau kondusif hingga selesai.

"Netralitas ASN adalah bagian krusial dalam menjaga demokrasi yang sehat dan berintegritas. kami mengingatkan bahwa ASN sebagai pelayan publik harus mengedepankan profesionalisme, tidak memihak pada satu pasangan calon, dan tetap fokus pada tugas melayani masyarakat. Dan kalian adalah ujung tombak pelayanan publik. Menjaga netralitas bukan hanya kewajiban, tetapi juga bukti kesetiaan kalian terhadap negara dan demokrasi yang jujur dan adil,”tegas Ipda Ekanedi.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa keterlibatan ASN dalam politik praktis, baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat mencoreng citra institusi pemerintah serta menimbulkan ketidakpercayaan di kalangan masyarakat. Hal ini, menurutnya, harus dihindari demi menjaga kestabilan dan kepercayaan masyarakat terhadap proses Pilkada.


Selain himbauan mengenai netralitas, Ipda Ekanedi juga mengingatkan ASN tentang sanksi tegas yang dapat dijatuhkan kepada mereka yang terbukti terlibat dalam politik praktis, sesuai dengan peraturan yang berlaku.

"Mari kita jalankan Pilkada ini dengan damai dan penuh integritas. Tugas kita adalah memastikan masyarakat mendapatkan pelayanan yang baik tanpa terpengaruh oleh kepentingan politik," tambahnya.

Kegiatan imbauan ini mendapat apresiasi dari para ASN di Desa Balai Makam. Mereka berkomitmen untuk mematuhi aturan dan menjaga netralitas dalam rangka mendukung terciptanya Pilkada yang jujur, adil, dan berintegritas. Salah satu ASN yang hadir menyatakan,

“Kami akan tetap profesional dalam menjalankan tugas kami dan memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan lancar tanpa terpengaruh oleh proses politik.”ungkap salah satu ASN menyikapi pertemuan tersebut.

Dengan adanya imbauan itu, Polsek Mandau berharap agar seluruh ASN di wilayah hukumnya dapat menjalankan peran mereka dengan bijaksana, serta turut andil dalam menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan bebas dari kecurangan. Ipda Ekanedi juga menegaskan bahwa Polsek Mandau akan terus memantau dan melakukan sosialisasi kepada ASN dan masyarakat lainnya agar proses demokrasi ini berjalan dengan lancar sesuai harapan.

Situasi selama kegiatan berlangsung aman dan kondusif, serta diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam menjaga integritas dan netralitas ASN selama Pilkada 2024.