3 Ha Lahan di Mandau Bengkalis Terbakar, 77 Personel Tim Gabungan Padamkan Api

Kapolsek-Mandau-padamkan-karhutla.jpg
(ANDRIAS/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, MANDAU - Polsek Mandau menunjukkan keseriusan serta tanggap mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang terjadi di Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Hal itu terlihat saat Kapolsek Mandau, Kompol Hairul Hidayat turun langsung melakukan upaya memitigasi dan pemadaman titik api, di Jalan Pemda RT 02 RW 03 Duri XIII Desa Bumbung, Kecamatan Bathin Solapan, Senin 29 Juli 2024.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih 3 ha merupakan lahan tanah gambut yang berisi tanaman sawit," kata Kompol Hairul Hidayat kepada RIAU ONLINE, Senin petang.

Dijelasin Kompol Hairul, akses untuk menuju ke lokasi kebakaran lahan tersebut merupakan jalan tanah yang berjarak sekitar 15 km dari Jalan Lintas Duri Dumai (Simpang Jalan Pemda) Desa Bumbung Kecamatan Bathin Solapan.

"Lokasi lahan yang terbakar merupakan lahan sawit, dengan sumber air yang digunakan oleh Tim Pemadam di lapangan menggunakan air kanal yang ada di lokasi dengan kapasitas air yang sangat terbatas," terang Kompol Hairul.



Kompol Hairul mengatakan eskavator turut dikerahkan di lokasi karhutla 

untuk membuat sekat kanal dengan ukuran 500 m x 500 m untuk mencegah api meluas ke lahan yang ada di sekitar lokasi karhutla, mengingat lokasi kebakaran merupakan lahan gambut.

"Kita bersama tim serta petugas gabungan melakukan pemadaman dengan menggunakan sumber air dari kanal di sekitar lokasi yang sangat terbatas jumlahnya dan ditambah bantuan sumber air dari 1 unit Mobil Damkar Kecamatan Talang Muandau," terang Kapolsek Mandau.

Sebanyak 77 orang personel tim gabungan dari Polsek Mandau dan BKO Polres Bengkalis, Koramil 03 Mandau, BPBD dan Damkar Kecamatan Bathin Solapan, berjibaku melakukan pemadaman.

Selain itu, perangkat Desa Bumbung serta pemilik lahan dan warga lokasi sekitar juga turut membantu. Peralatan yang digunakan 2 unit Mini Striker, 1 unit Honda GX 9 HP, 15 Roll Selang 1.5 inch, 1 unit Eskavator dan 1 unit Mobil Damkar Kecamatan Talang Muandau.