Seleksi Calon Direktur PT SPP dan PT BPR Pekanbaru Masih Berjalan

Ingot-Ahmad10.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Proses seleksi direktur untuk PT Sarana Pembangunan Pekanbaru (SPP) telah mencapai tahap akhir. Namun, nama-nama calon direktur telah diajukan kepala daerah.

Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut mengatakan, nama-nama calon direktur telah diajukan. Namun, penetapan resmi masih dipertimbangkan oleh Pj Wali Kota Risnandar Mahiwa.

"Hal ini adalah pertimbangan strategis yang penting. Karena sinergi dan kecocokan antara direktur BUMD dan kepala daerah sebagai pemilik saham utama sangat diperlukan," jelasnya.

Meskipun proses seleksi sudah dilakukan, pelaksana sementara PT SPP telah ditunjuk agar PT SPP tetap beroperasi. Sesuai peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), komisaris BUMD akan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) direktur.

"Dalam waktu dekat, kami mungkin akan mengambil kebijakan baru. Mungkin penetapan komisaris dulu yang kami prioritaskan. Karena, komisaris dari internal bisa disesuaikan sewaktu-waktu," kata Ingot


Sementara itu, pemko juga tengah melakukan seleksi terhadap dua posisi strategis di BPR Pekanbaru, yaitu Direktur Utama dan Direktur Kepatuhan.

Ingot menjelaskan bahwa calon direktur harus memiliki gambaran dan perspektif yang jelas mengenai persoalan-persoalan spesifik yang dihadapi oleh BPR Pekanbaru.

"Kami tengah melakukan seleksi terhadap dua jabatan, Dirut dan Direktur Kepatuhan BPR Pekanbaru,” kata Ingot.

“Tahapan seleksi sudah berjalan, mulai dari administrasi hingga psikotes. Kemudian, kami akan melaksanakan tahap wawancara dan penilaian akhir," imbuhnya.

Seleksi ini akan dilakukan oleh tim panitia seleksi (pansel) yang terdiri dari pejabat pemerintah dan tenaga ahli. Hal paling penting dalam seleksi ini adalah penilaian dari tenaga ahli.

"Sehingga, kami dapat memastikan kemampuan dan kompetensi calon dalam menghadapi tantangan dan permasalahan yang mungkin akan dihadapi oleh BPR," tambahnya.

"Calon direktur harus memiliki gambaran dan perspektif yang jelas mengenai persoalan spesifik yang dihadapi oleh BPR. Agar, BPR Pekanbaru dapat menjalankan tugas dan fungsinya sesuai yang diamanahkan," ucap Ingot.