Simulasi Makan Bergizi Gratis di Pekanbaru Rp15.000 per Anak, Ini Menunya

Simulasi-makan-bergizi-gratis-di-pekan.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Menu makan siang dalam simulasi makan bergizi gratis di Kota Pekanbaru dianggarkan Rp15.000 untuk setiap murid. Simulasi sudah berlangsung di dua sekolah yakni di SDN 99 Pekanbaru dan SDN 139 Pekanbaru.

Satu kotak bento berisi nasi, ayam goreng, tempe, sayur buncis serta wortel dan potongan buah melon. Para murid juga mendapat satu kotak susu.

"Sekitar Rp15 ribu, itulah yang dapat ada susu, ayam, tempe, sayur, ada buah," ujar Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Abdul Jamal, Selasa 3 September 2024.

Ia menyebut, anggaran makan siang bergizi gratis dari pemerintah pusat memang diperkirakan Rp15 ribu. Simulasi ini bertujuan untuk memberi masukan kepada pemerintah pusat.



"Masukan, kira-kira 15 ribu itu, nanti kita evaluasi ini, cocok tidak untuk Pekanbaru. Kan tiap daerah pasti berbeda," ulasnya.

Jamal menyebut, Kota Pekanbaru yang bukan daerah produsen tentu masih mendatangkan bahan pangan dari Provinsi Sumatera Barat. Lantaran masih mendatangkan bahan pangan dari provinsi tetangga, bisa saja harga naik.

"Kemudian anak-anak ini kita lihat menunya seperti apa, supaya tidak bosan," katanya.

Dirinya menyebut bahwa tahap awal memang simulasi berlangsung dua sekolah. Ia menyebut jumlah porsi makan siang bergizi gratis di dua sekolah mencapai 334 porsi.