Mahasiswa KKN UMRI Kelola Taman Olahraga dan Majukan UMKM Rumbai

Mahasiswa-KKN-UMRI-Kelola-Taman-Olahraga-Bersih-dan-Majukan-UMKM-Rumbai.jpg
(Defri Candra/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Sejumlah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Umban Sari, Rumbai. KKN Mahasiswa UMRI ini dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli - 7 September 2024.

Berbagai program menarik dibuat Mahasiswa KKN UMRI di Kelurahan Umban Sari mulai dari pengelolaan taman olahraga bersih dengan menyediakan tempat sampah organik dan anorganik hingga mendukung UMKM warga Rumbai.

Ketua Kelompok KKN UMRI, Bintang Wahyudi menyebutkan tema yang diusung dalam KKN tahun 2024 ini yakni 'UMRI Mencerahkan Semesta'.

Dua program utama yang akan dilakukan Mahasiswa UMRI ketika melaksanakan KKN di Kelurahan Umban Sari seperti Pengelolaan Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai serta Meningkatkan Perekonomian UMKM Cerdas.

"Dua hal diatas adalah program utama yang bertujuan untuk menciptakan lingkungan bersih, asri dan nyaman."

"Kita juga menyediakan tong sampah organik dan anorganik serta melakukan penyuluhan UMKM cerdas dengan topik manajemen keuangan dan pemasaran," ujar Bintang.

Tidak hanya Itu, Bintang menjelaskan selain tugas kuliah, Bintang mengaku ini adalah kesempatan untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dan meningkatkan kesadaran sosial.

Hal tersebut disambut positif oleh Kasi Kesos Umban Sari, Meliya Devirta, Ketua RW 07, Zulhamdi dan Ketua Asosiasi Pedagang, Ferdi Galih.

"Dengan adanya program kerja Adik-adik Mahasiswa KKN, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran Masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sehingga dapat mengembalikan fungsinya sebagai taman olahraga."

"Selain itu juga dapat menstimulasi para pedagang umkm untuk dapat melanjutkan praktik gotong royong yang dapat meningkatkan daya Tarik sebagai tempat rekreasi yang bersih dan Asri," ujar Meliya Devirta.

Program Pertama, Pengelolaan Taman Olahraga dan Penyediaan 20 Tempat Sampah Organik dan Anorganik

Pengelolaan taman olahraga bermain yang bersih merupakan upaya Mahasiswa KKN UMRI dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan.

Program ini tidak hanya melibatkan mahasiswa saja, tetapi juga melibatkan warga setempat dan pedagang lokal dalam kegiatan gotong royong yang dilakukan setiap hari Minggu.



Kegiatan ini tidak hanya berfokus pada membersihkan taman, tetapi juga pengadaan 20 set tempat sampah organik dan non-organik yang tersebar di beberapa titik lokasi Taman Olahraga dan Rekreasi Rumbai.

Dok. KKN UMRI

Dengan adanya tempat sampah yang cukup, masyarakat dapat lebih mudah dalam membuang sampah dan menjaga kebersihan lingkungan.

Penyediaan tempat sampah ini dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan bagi masyarakat tentang pentingnya memilah sampah berdasarkan kategorinya, serta membantu mengurangi pencemaran lingkungan di sekitar taman olahraga.

Dengan melibatkan warga dan pedagang lokal, program ini dapat lebih efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan.

Kegiatan gotong royong ini juga dapat memperkuat ikatan sosial di masyarakat, sehingga masyarakat dapat bekerja sama dalam menjaga kebersihan lingkungan serta meningkatkan rasa tanggung jawab.

Melalui kegiatan KKN ini, mahasiswa juga mendapatkan manfaat dalam pengembangan ilmu dan keterampilan komunikasi serta berinteraksi sosial yang baik dengan berbagai lapisan masyarakat serta mengasah kemampuan dalam berkomunikasi secara efektif, empati, dan membangun hubungan sosial yang baik.

Selain itu, mahasiswa dituntut untuk berpikir kritis dan reflektif terhadap fenomena sosial yang ada di masyarakat. Membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan untuk memecahkan masalah yang ada.

Hal ini meningkatkan kepedulian sosial pada diri mahasiswa dan menumbuhkan rasa sense of community yang nanti akan sangat berguna untuk bersosial di masyarakat.

Program Kedua, Sosialisasi QRIS dan Modal Usaha Serta Mendukung UMKM Rumbai

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) yang tengah menjalankan Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) mengambil langkah proaktif dalam mendukung pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di wilayah Rumbai dengan menginisiasi acara sosialisasi QRIS dan penyediaan modal usaha tanpa agunan.

Acara ini diadakan sebagai bagian dari upaya Mahasiswa UMRI untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat lokal, khususnya para pelaku UMKM.

Acara yang berlangsung di Warung Pak Ferdi, Taman Olahraga Rumbai, pada pukul 13.00 WIB. Dihadiri oleh berbagai pelaku UMKM di sekitar wilayah tersebut serta pihak Bank BTN yang diundang untuk memberikan informasi terkait layanan perbankan yang dapat mendukung usaha kecil dan menengah.

Melalui kegiatan ini, Mahasiswa UMRI berperan aktif dalam memberikan edukasi langsung kepada masyarakat tentang pentingnya digitalisasi dalam transaksi usaha serta akses modal yang lebih mudah dan tanpa agunan.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau yang telah menggelar acara ini."

"Partisipasi mereka dalam memberikan edukasi kepada pelaku UMKM sangat bermanfaat, terutama dalam memperkenalkan teknologi QRIS dan opsi permodalan yang dapat mendukung pengembangan usaha di wilayah ini," ujar salah seorang narasumber dari Bank BTN, Putra.

Apresiasi dan ucapan dari pedagang juga muncul terhadap programenarik dari Mahasiswa KKN UMRI.

"Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau dan Bank BTN yang telah menyelenggarakan acara ini. Informasi tentang QRIS dan modal usaha tanpa agunan sangat berharga, terutama di tengah tantangan ekonomi saat ini."

"Dengan adanya QRIS, kami bisa menerima pembayaran dengan lebih mudah, dan modal usaha tanpa agunan tentu sangat membantu kami dalam mengembangkan usaha tanpa beban berat," ujar Rizal.

Mahasiswa KKN UMRI tidak hanya belajar menerapkan ilmu yang telah mereka pelajari di bangku kuliah, tetapi juga berperan langsung dalam mendorong kemajuan ekonomi lokal.

Dengan bekal pengetahuan dan semangat muda, mereka membantu masyarakat memahami manfaat dari teknologi digital dan akses permodalan yang disediakan oleh Bank BTN.

Kehadiran pelaku UMKM dan antusiasme yang tinggi menunjukkan bahwa kolaborasi antara dunia pendidikan, perbankan, dan masyarakat dapat menciptakan sinergi yang kuat untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, khususnya di sektor UMKM.

Dengan dukungan dari berbagai pihak, diharapkan UMKM di wilayah Rumbai dan sekitarnya dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi ekonomi lokal.

Universitas Muhammadiyah Riau dalam www.umri.ac.id bersama masyarakat setempat berkomitmen untuk terus bekerja sama dalam program-program yang memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.