Kapal Pengangkut Sayur di Perairan Selat Air Hitam Terbakar, 1 ABK Luka Bakar

Kapal-pengangkut-sayur-terbakar.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, MERANTI - Kebakaran menimpa speed boat Porti Express 22 di perairan Selat Air Hitam, Kecamatan Tebing Tinggi, Kabupaten Kepulauan Meranti pada, Senin, 2 September 2024.

Peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 17.45 WIB, kapal yang mengangkut sayur-sayuran dari Pelabuhan Tanjung Buton, Kabupaten Siak menuju Kota Batam, Kepulauan Riau, mengalami masalah mesin dan kemudian terbakar. 

Adapun nama-nama awak kapal yang terlibat antara lain Ismail sebagai kapten kapal, Syahril, Ruslan, dan Supardi sebagai ABK.

Informasi dari Kapten Kapal Porti Express 22 menyatakan bahwa setelah kapal mengisi bahan bakar di APMS di Tanjung Mayat, Kecamatan Tebing Tinggi, perjalanan dilanjutkan namun 200 meter ke tengah laut, mesin kapal mati. 



Saat mencoba menghidupkan kembali mesin, terjadi percikan api yang mengakibatkan terjadinya kebakaran di kapal.

“Akibat kejadian tersebut, satu ABK bernama Syahril mengalami luka bakar dan saat ini sedang dirawat di RSUD Kabupaten Kepulauan Meranti. Sementara Capt Kapal dan ABK lainnya berhasil menyelamatkan diri dengan melompat ke laut,” ujar Kepala Kantor SAR Pekanbaru, Budi Cahyadi.

Budi Cahyadi menegaskan pentingnya keselamatan sebagai prioritas utama dalam setiap pelayaran. Tim SAR Pekanbaru telah dikerahkan untuk membantu evakuasi dan penanganan lebih lanjut terkait insiden tersebut.