Pekan Budaya jadi Ajang Lestarikan Keragaman Budaya Nusantara di Siak

Pawai-Pekan-Budaya-Siak1.jpg
(Dok. Pemkab Siak)

RIAU ONLINE, SIAK - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak kembali menggelar Pekan Budaya dalam rangka HUT ke-79 RI. Pekan Budaya ini menjadi ajang untuk melestarikan keragaman budaya nusantara di Siak.

Pekan Budaya di awali Pawai Budaya yang dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Siak Arfan Usman, di bawah Jembatan Tengku Agung Sultana Latifah, Rabu, 21 Agustus 2024.

“Pawai dimulai dari bawah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah menuju Simpang Tiga di seputaran Gedung LAMR Kabupaten Siak, dan selanjutnya peserta pawai kembali ke bawah jembatan dan finish di lokasi pelaksanaan Pekan Budaya di Taman Kota Tengku Agung," ucap Arfan Usman, Minggu 25 Agustus 2024.

Arfan Usman menyebut pawai diikuti ratusan peserta dari 13 paguyuban dan sekitar 30 sanggar, serta komunitas seni di Siak, yang menampilkan keragaman budaya nusantara.

"Ini merupakan bagian dari usaha pemkab dalam menyajikan serta melestarikan keberagaman budaya dalam peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, serta menunjukkan toleransi atas keberagaman, khususnya di Kabupaten Siak," katanya. 



Pada kesempatan itu, Sekda Siak Arfan bersama forkopimda, pimpinan OPD serta sejumlah tamu undangan mengikuti atraksi dalam penampilan kebudayaan. Masyarakat tampak antusias menyaksikan Pekan Budaya di sepanjang kiri kanan rute pawai.

Hal tersebut diharapkan dapat memberi pengetahuan kepada masyarakat yang menyaksikan bahwa begitu banyak suku, adat, tradisi dan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Siak.

Arfan menyebut bahwa kegiatan ini merupakan wadah menuangkan kreativitas dan kecintaan terhadap seni dan budaya dari masing-masing daerah, yang merupakan warisan bangsa yang sangat berharga.

"Kegiatan ini menjadi media sosialisasi untuk membangun kesadaran kolektif masyarakat agar turut serta menjaga, memelihara, dan melestarikan seni serta budaya dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Siak" ujarnya.(Infotorial Pemda Siak).