Masih Banyak Warga yang Masuk DP4 Enggan Rekam KTP Elektronik

E-KTP.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, terus menghimbau warga yang masuk dalam Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pilkada serentak 2024 agar segera melakukan perekaman KTP elektronik.

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Irma Novrita menyebut bahwa hingga kini masih banyak warga yang masuk DP4 tak kunjung melakukan perekaman. Padahal untuk bisa menyalurkan hak pilih pada pilkada 27 November mendatang, mereka wajib memiliki KTP elektronik.

Pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk percepatan perekaman KTP bagi warga yang masuk DP4. Mereka membuka pelayanan perekaman KTP bagi pemula setiap Hari Sabtu dimulai pukul 08.00 WIB hingga 12.00 WIB. 

Hanya saja, jumlah warga yang datang berurusan ke kantor Disdukcapil setempat di komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Jalan Jenderal Sudirman tidak terlalu signifikan.



"Target kita kemarin setiap Sabtu sampai 150 orang, sehingga bisa cepat selesai PR kita (merekam warga yang masuk DP4). Tapi ini tidak bergerak, tidak terlalu signifikan," ungkapnya, Kamis 22 Agustus 2024.

Disdukcapil juga melakukan upaya jemput bola dengan turun langsung ke SMA sederajat. Namun upaya ini kurang direspon baik oleh pihak sekolah maupun peserta didik yang sudah wajib KTP atau yang sudah berusia 17 tahun.

Irma berharap agar Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau bisa memfasilitasi perekaman KTP elektronik di sekolah-sekolah.

"Kita sudah minta ke Dinas Pendidikan provinsi, minta tolong untuk itu (difasilitasi ke sekolah-sekolah). Pak Sekdaprov juga sudah langsung menyurati Kadisdik untuk menggesa ini," sebutnya.

"Jadi, kita sudah koordinasi dengan Disdik Riau, minta diinfokan ke kepala sekolah supaya kita bisa datang ke sekolah-sekolah. Supaya partisipasi kita meningkat pada pilkada tahun ini," tutupnya.