Hujan Guyur Riau Lagi, Masyarakat Diimbau Waspada Banjir hingga Longsor

Hujan56.jpg
(Sufri Yuliardi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) kembali memprakirakan hujan berpotensi mengguyur sejumlah daerah di Provinsi Riau, Kamis, 22 Agustus 2024.

Hujan telah mengguyur sejumlah daerah di Provinsi Riau dalam beberapa hari terakhir. Tingginya intensitas hujan berpotensi menyebabkan banjir dan tanah longsor di sejumlah daerah di Riau. Masyarakat diimbau berhati-hati dan waspada saat berada di wilayah rawan bencana alam tersebut.

Beberapa daerah yang dimaksud seperti di Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu (Rohul). Sebelumnya, longsor baru-baru ini terjadi di Jalan Lintas Riau - Sumbar, tepatnya di Tanjung Alai, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau.

Selain itu,  longsor juga terjadi Jalan Lintas Lubuk Bendahara menuju Kelurahan Rokan IV Koto, Kabupaten Rohul. Apalagi kedua kabupaten tersebut banyak daerah bukit bebatuan.



"Saat ini wilayah utara Riau seperti Kampar dan Rohul itu masih cukup tinggi. Maka dari itu, kita mengimbau agar masyarakat waspada," ujar Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau M Edy Afrizal, Kamis, 22 Agustus 2024.

Ia juga meminta masyarakat memiliki persiapan yang cukup jika akan melakukan perjalanan jauh, terutama jika melewati daerah rawan longsor dan banjir. 

"Karena bencana ini bisa datang kapan saja di waktu yang tak disangka. Potensi terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang tinggi. Kami mengimbau agar masyarakat selalu waspada jika melakukan bepergian di wilayah tersebut dan selalu memantau perkiraan cuaca dari BMKG," pungkasnya.