Satu-satunya di Indonesia, Jembatan TASL Siak Punya Lift Outdoor

Jembatan-TASL-Siak.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah (TASL) Kabupaten Siak menjadi satu-satunya jembatan yang dilengkapi lift luar ruangan atau outdoor di Indonesia.

Kepala Dinas PU Tarukim Siak, Irving Kahar Arifin, menjelaskan lift Jembatan TASL sebelumnya telah lama vakum. Alasan dilakukan perbaikan supaya menambah destinasi wisata di Siak.

"Apalagi di Indonesia hanya ada di Siak jembatan yang memiliki lift outdoor, untuk itu kita lakukan perbaikan supaya menambah destinasi wisata di Siak," ungkapnya. 

Menariknya, lift itu berada pada pylon tiang jembatan dengan ketinggian 73 meter dari permukaan air Sungai Siak. 

Lanjutnya, lift Jembatan TASL ini menjadi daya tarik bagi wisatawan ke Siak. Sehingga berdampak terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat.


Apalagi lokasi lift ini berada di sungai yang merupakan simbol peradaban masyarakat, terlebih Sungai Siak menjadi sungai terdalam di Indonesia dan jalur perdagangan internasional. “Maka itu kita membuat jembatan Siak ini sebagai ikon dan destinasi wisata andalan,” katanya.

Kemegahan Jembatan TASL tidak hanya di lift, di atas ada yang namanya ballroom, dari ruang ballroom ketinggian 73 meter dari permukaan, pengunjung bisa melihat keindahan Siak tampak dari atas. 

"Lift dioperasikan oleh petugas profesional, untuk naik turun pengunjung tidak sendirian, didampingi oleh petugas sehingga keamanan terjamin," terangnya. 

Pengunjung yang menaiki lift bergantian, lima orang. Untuk durasi di ruang ballroom hanya diperbolehkan selama 15 menit.

"Jumlah yang naik juga dibatasi hanya boleh 5-6 orang saja. Untuk tarif tiket dewasa dari luar negeri Rp70.000 dan anak-anak Rp50.000. Sedangkan untuk wisatawan lokal dibandrol dengan tarif Rp30.000/dewasa dan Rp20.000 anak-anak," tutupnya.