Risnandar Mahiwa Segera Lantik 19 Pejabat Eselon III dan IV Pemko Pekanbaru

Pj-Wako-Pekanbaru-Risnandar3.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Belasan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru rencananya bakal dilantik oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Risnandar Mahiwa dalam waktu dekat.

Ada 19 pejabat yang posisinya saat ini nonjob sejak tahun 2023 silam. Belasan pejabat itu, rencananya akan dikembalikan pada tempat yang setara dengan posisi jabatan sebelumnya.

"Kita akan melakukan pelantikan selanjutnya, yang mana ada yang 19 itu akan kita lantik sesuai kebijakan yang ada," kata Pj Wako Pekanbaru, Risnandar Mahiwa, Rabu 21 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, untuk melantik belasan pejabat nonjob itu pihaknya sudah berkomunikasi degan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).



Risnandar menegaskan bahwa dilantiknya pejabat nonjob tidak ada kaitannya dengan pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024. Namun hanya bertujuan memperbaiki sistem birokrasi.

"Memang sudah terkomunikasi dengan BKN maupun Kemendagri terkait perbaikan sistem birokrasi, bukan dalam konteks politik," sebutnya.

Pada awal Agustus ini, Risnandar juga sudah melantik 10 pejabat fungsional, bertempat di aula gedung utama komplek perkantoran terpadu di Tenayan Raya.

Pelantikan tersebut menjadi yang perdana dilakukan pejabat Pemko Pekanbaru pasca Risnandar menjabat sebagai Pj Wali Kota Pekanbaru pada 22 Mei lalu.

Adapun 10 pejabat yang ia lantik telah lama menerima Surat Keputusan (SK) sebagai pejabat fungsional. Dirinya hanya menyesuaikan waktu pelantikan.