Pasca Terbakar, SDN 83 Pekanbaru Kembali Difungsikan September 2024

SDN-83-Pekanbaru-istimewa.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pembangunan SDN 83 Kota Pekanbaru segera rampung pasca terbakar tahun 2023 lalu. Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru, menargetkan bangunan sekolah itu sudah dapat difungsikan kembali pada awal September mendatang. 

"Tadinya saya minta setelah 17 Agustus ini, tapi sepertinya tidak bisa. Saya juga sudah tinjau ke lapangan. Mungkin paling cepat awal bulan September baru bisa ditempati," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Abdul Jamal, Selasa 20 Agustus 2024.

Ia menjelaskan, pekerjaan pembangunan terus digesa dan sudah memasuki tahap finishing. Dari pantauannya di lapangan, realisasi pekerjaan sudah sampai 95 persen.

"Sedikit lagi selesai, tinggal merapikan saja baik luar dan dalam," ujar Abdul Jamal.



Jamal menyebut, pihaknya tidak ingin terlalu terburu-buru menggunakan SDN 83 jika memang kondisi bangunan belum sepenuhnya siap.

Pihaknya akan memastikan terlebih seluruh bagian gedung dan halaman sudah aman untuk ditempati oleh peserta didik. Ia tidak ingin ada sisa material bangunan yang bisa membahayakan anak saat berada di sekolah. 

Jamal juga mengaku rutin melakukan pemantauan langsung ke lapangan untuk memastikan progres pembangunan. 

"Kita juga harus pastikan tidak ada lagi paku yang berserakan, supaya anak-anak aman, jangan nanti ada yang terinjak paku, heboh pula," jelasnya.

Selama pekerjaan pembangunan, para peserta didik menumpang belajar di tiga sekolah di Jalan Imam Munandar, yakni di SDN 29 Pekanbaru, SDN 66 Pekanbaru dan SDN 67 Pekanbaru.