Kualitas Udara Kota Pekanbaru di Level Sedang, Tetap Waspada Cuaca Panas

Ilustrasi-kemarau.jpg
(Foto: Shutter Stock via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kualitas udara di Kota Pekanbaru berada di level sedang, Jumat 2 Agustus 2024. Indeks kualitas udara (AQI) dan polusi udara PM2.5, dengan 83 AQI US tingkat polusi udara sedang.

Berdasarkan data dari iqair.com hingga siang ini, konsentrasi PM2.5 di Kota Pekanbaru saat ini 5.3 kali nilai panduan kualitas udara tahunan WHO. Sementara, suhu 32 derajat celcius dengan kelembaban 58 persen.

Sebelumnya pada Selasa, 30 Juli 2024, lalu, tingkat polusi di Pekanbaru cukup tinggi, mencapai 101 AQI US. Kondisi tersebut dinyatakan tidak sehat bagi kelompok sensitif.

Kondisi tersebut merupakan dampak dari kebakaran lahan yang terjadi di sejumlah wilayah sekitar Kota Pekanbaru. Kelompok sensitif pun disarankan mengurangi aktivitas di luar ruangan.

Namun akhirnya hujan mengguyur wilayah Kota Pekanbaru, Rabu 31 Juli 2024 sejak pagi. Hujan mengguyur setelah beberapa pekan Kota Pekanbaru dilanda cuaca panas.



Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra menyebut bahwa awalnya BMKG Pekanbaru memperkirakan cuaca panas masih melanda.

Kondisi ini tentu patut diwaspadai karena berpotensi memicu kebakaran lahan di wilayah rawan. Pihaknya juga sudah mengantisipasi ancaman kebakaran lahan saat ini.

"Memang sesuai perkiraan BMKG, kita masih bakal mengalami cuaca panas, bahkan Agustus diprediksi puncak musim panas," ujarnya.

Zaman menuturkan, musim penghujan sesuai perkiraan BMKG baru berlangsung pada Oktober 2024. BPBD Pekanbaru pun mengambil langkah antisipasi terhadap cuaca ekstrem yang terjadi.

"Kita tentu ambil langkah antisipasi terhadap kondisi cuaca yang panas, kita imbau warga waspada. Apabila terjadi kondisi cuaca ekstrem," tandasnya.