Karhutla di Tiga Desa Riau, Ratusan Hektare Lahan Gambut Menyala

Ilustrasi-karhutla3.jpg
(Istimewa)

RIAU ONLINE, INHU - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melanda tiga desa di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau. Sekitar 311 hektare lahan gambut di Desa Sungai Guntung, Desa Kuantan Babu dan Desa Kampung Pulau, Kecamatan Rengat, terbakar.

"Kebakaran hutan dan lahan ini terjadi sejak dua hari lalu. Yang terbakar lahan gambut, dengan luas diperkirakan sekitar 311 hektar," ujar Kapolres Inhu, AKBP Fahrian, Rabu, 24 Juli 2024.

Lanjut Fahrian, pemadaman titik api cukup sulit dilakukan karena luasnya lahan yang terbakar. Ditambah asap kebakaran juga menghambat proses pemadaman.

Pemadaman titik api tidak hanya dari darat, tetapi juga digempur dari udara menggunakan helikopter water bombing.

"Pemadaman dilakukan tim darat dan dibantu 2 unit helikopter," jelas Fahrian.



Fahrian mengatakan, pihaknya mengerahkan puluhan personel setelah menerima informasi adanya karhutla. Selain polisi, pemadaman juga melibatkan beberapa instansi lainnya. Petugas disebar ke beberapa titik membawa mesin pompa air untuk menyiram api.

Setelah digempur dua hari dari darat dan udara, kata Fahrian, titik api di permukaan lahan sudah berhasil dipadamkan.

"Saat ini api di permukaan lahan sudah padam. Di aplikasi Dashboard Lancang Kuning (aplikasi pemantau titik api) juga sudah tidak ada terdeteksi titik api. Hari ini tinggal pendinginan saja," kata dia.

Sementara itu, kata Fahrian, Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Inhu masih menyelidiki penyebab kebakaran. Penindakan akan dilakukan jika ditemukan unsur kesengajaan.

"Sekarang masih dalam penyelidikan penyebab karhutla," pungkasnya.