Pemilih Pemula, Gen Z Berperan Besar Tentukan Pemimpin Kota Pekanbaru

Indra-Pomi10.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sangat mengharapkan partisipasi pemilih pemula pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Pasalnya, data pemilih pemula di Pekanbaru cukup besar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, peran serta dari pemilih pemula atau Generasi Z sangat besar. Mereka memiliki hak suara untuk menentukan pemimpin daerah Kota Pekanbaru maupun Riau nantinya.

"Dari data kependudukan Kota Pekanbaru, ada sekitar 25 hingga 33 persen pemilih pemula pada Pilkada tahun ini," ujar Indra Pomi, Senin 22 Juli 2024.

Ia menilai, perlu diberikan edukasi dan pendahuluan betapa pentingnya pemilih pemula ini. Menurutnya, suara dari pemilih pemula sangat menentukan pemimpin daerah kedepan.



"Kita perlu pendidikan pendahuluan betapa pentingnya peran serta adik-adik pemilih pemula dalam dunia politik atau peran serta mereka dalam memilih pemimpin untuk masa depan," ulasnya.

Selain itu, pemilih pemula juga menjadi indikator indeks demokrasi di Pekanbaru. Sebab itu, kedatangan mereka ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sangat penting untuk menentukan arah bangsa ke depan.

Peran serta Generasi Z (Gen Z) pada Pilkada dinilai sangat strategis. Kedatangan mereka ke TPS menunjukkan bahwa mereka peduli terhadap daerah.

"Sebagai penerus bangsa, mereka harus memahami betapa pentingnya mereka menyampaikan dan datang ke TPS untuk menentukan pemimpin masa depan daerah kita ini," tutupnya.