Cegah Gagal Panen Akibat El Nino, 39 Kelompok Tani Siak Diberi Mesin Pompa Air

Alat-tani-dari-Kementan.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Sebanyak 39 kelompok tani di Kabupaten Siak menerima alat dan mesin pertanian (alsintan) dari Kementerian Pertanian guna mengantisipasi gagal panen akibat fenomena El Nino.

Alsintan yang diterima di antaranya mesin pompa air, cultivator, transplanter dan semprot padi II Pemiskata IP. 

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Riau Shannora Yuliasari dan masyarakat Bungaraya. di acara do'a turun sawah di dusun III Mukti Jaya, Kampung Langsat Permai. 

Bupati Siak Alfedri menekankan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari program prioritas strategis nasional yang ditekankan oleh Presiden Jokowi. 



"Ini merupakan program prioritas presiden dalam rangka mendukung swasembada pangan dan ketahanan pangan. Termasuk juga ketahanan energi, hilirisasi, UMKM, digitalisasi, ekonomi hijau, dan pembangunan berwawasan lingkungan," ucap Bupati Alfedri, Kamis 4 Juli 2024.

Bupati Alfedri, juga mengingatkan kepada dinas terkait dan para petani untuk bersinergi bersama menghadapi kekeringan akibat fenomena El Nino. 

"Saat ini, cuaca sangat panas, tentu dampaknya berpengaruh terhadap produksi padi kita, kami minta kepada dinas terkait agar selesaikan persoalan air di Bungaraya," pintanya.

Kepala Balai Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Riau Shannora Yuliasari mengatakan, Kementerian Pertanian telah merealisasikan 240 Alsintan, dan Kabupaten Siak menerima 39 unit.